Melawan Radang Sendi Dengan Makanan Sehat

DokterSehat.Com – Penyakit radang sendi bisa dirasakan dengan adanya rasa nyeri pada persendian di beberapa bagian tubuh layaknya pergelangan tangan, lutut, atau bakan di tangan. Rasa sakit pada radang sendi ini bisa memberikan pengaruh pada organ kulit, saraf, hingga peredaran darah dan jantung sehingga kita tentu harus mengobatinya. Disamping pengobatan, kita juga bisa memperbaiki asupan makanan kita agar radang sendi bisa reda.

doktersehat-lutut-sakit

Penderita radang sendi biasanya membutuhkan lebih banyak nutrisi kalori dan juga protein. Disamping itu, jika kita memiliki radang sendi, ada baiknya kita mulai memperbanyak makanan yang mengandung asam folat. Makanan layaknya sayur bayam atau brokoli dan juga buah jeruk memiliki banyak kandungan asam folat. Asam folat sendiri diyakini mampu menyeimbangkan fungsi asam folat dalam tubuh yang terkikis akibat pengaruh obat-obatan radang sendi. Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, metabolisme tubuh pun akan menjadi lebih baik.

Penderita radang sendi juga sebaiknya memperbanyak miunm susu atau mengkonsumsi kacang almon dan ikan. Makanan-makanan tersebut kaya akan kalsium yang tentu saja sangat baik dalam pembentukan sel tulang baru. Tulang pun cenderung akan terjaga kepadatannya sehingga tidak mudah terkena pengeroposan atau osteoporosis. Disamping tulang, gejala radang sendi juga bisa diminimalisir dengan banyaknya konsumsi makanan atau minuman berkalsium tinggi. Disamping makanan berkalsium, ikan tuna dan salmon yang kaya akan asupan lemak omega 3 juga dapat mengurangi gejala radang sendi.

Penderita radang sendi juga harus memperhatikan asupan vitamin D nya. Beruntung kita hidup di negara tropis dimana banyak sinar matahari yang kaya vitamin D yang bisa kita serap. Jangan ragu untuk berolahraga di pagi hari karena anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D yang cukup sehingga radang sendi pun bisa diminalisir dengan signifikan.Disamping itu, otot-otot pun juga akan menjadi lebih terlatih sehingga tubuh pun menjadi tidak kaku dan peredaran darah pun menjadi lebih lancar.