Tips Melatih Anak Agar Mau Makan Sendiri

anak-makan-doktersehat
Photo Credit: flickr/ mliu92

DokterSehat.Com– Kegiatan menyuapi anak wajar dilakukan saat bayi. Seiring perkembangannya, anak perlu belajar untuk makan sendiri dengan tangan maupun dengan sendok dan garpu. Untuk membiasakan anak makan sendiri memang butuh proses, namun Anda bisa memulainya sejak masa MPASI.

Anak yang mampu makan sendiri menunjukkan kemampuan motorik yang baik. Kegiatan sederhana seperti makan membutuhkan koordinasi dari melihat makanan, memotongnya, membawanya sampai ke mulut lalu mengunyahnya. Selain itu mampu makan sendiri juga menunjukkan perkembangan kemandirian anak.

Beberapa cara untuk melatih anak makan sendiri antara lain:

Latih dengan finger food

Anda bisa memulai mengenalkan anak pada finger food ketika ia berumur 8 bulan. Pada usia ini anak-anak mampu mengambil benda di sekelilingnya dan memasukkannya ke mulut. Cara memulainya, Anda bisa memberinya makanan dengan ukuran yang mudah digenggam oleh anak dan bertekstur lunak seperti kentang rebus atau wortel kukus. Setelah anak mulai terbiasa dengan finger food, anda bisa mulai mengajarkannya untuk makan dengan sendok dan garpu.

Dampingi saat makan
Saat anak belajar untuk makan sendiri, sebaiknya dampingi mereka agar mereka fokus dan tahu bahwa ini adalah saatnya untuk makan. Saat awal masa belajar, anak mungkin agak malas untuk makna sendiri dan memilih untuk bermain-main. Jika anak bertingkah seperti ini, ingatkan lagi bahwa ini adalah saatnya untuk makan. Jika perlu, bantu ia untuk makan dengan menyuapinya namun jangan terlalu sering.

Gunakan peralatan makan yang menarik

Anak Anda punya tokoh kartun kesukaan? Gunakan peralatan makan bergambar tokoh idolanya untuk membuat anak semangat makan sendiri. Selain itu Anda juga bisa menyajikan menu makanan dalam tampilan yang menarik untuk meningkatkan nafsu makan.

Fokus pada waktu makan

Kadangkala anak mudah terdistraksi dengan kegiatan lain di saat makan. Jika Anda ingin anak menyelesaikan makannya dengan baik, sebaiknya kurangi distraksi yang ada di sekitar meja makan dengan mematikan televisi atau menjauhkan mainan dari meja makannya. Hal ini akan melatih anak untuk lebih menghargai waktu makan dan menyelesaikan makanannya sendiri.

Jangan marahi anak
Namanya proses belajar, pasti tidak akan langsung berhasil dalam sekali coba. Anak Anda mungkin akan membuat meja belepotan, baju kotor, dan lain-lain. Jangan marahi anak saat belajar makan sendiri, hal ini akan membuat anak trauma dan susah makan. Hargai setiap proses belajarnya dan berikan pengertian secara perlahan-lahan.

Beri porsi yang pas

Pada anak yang sedang belajar makan, mungkin akan merasa terbebani jika melihat porsi makanan yang terlalu banyak. Berikan porsi yang pas agar anak mau berusaha menghabiskan makanannya sendiri dan tidak membuang banyak makanan.

Sajikan menu favorit
Salah satu cara untuk membuat anak mau belajar makan sendiri adalah dengan menyajikan menu favoritnya. Dengan begitu, anak akan lebih semangat untuk belajar makan sendiri.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik