Melakukan Arus Balik Dengan Bus, Ibu Ini Terpaksa Melahirkan di Pinggir Tol Cipali

DokterSehat.Com – Sebuah kejadian yang luar biasa terjadi di arus balik tahun ini. Jika biasanya kita mendengar berita tentang padatnya arus kendaraan, kemacetan panjang di berbagai tempat, hingga kecelakaan yang memakan korban cedera atau luka-luka, maka pada hari Minggu, 2 Juli 2017 ini, ada sebuah ibu yang melahirkan saat melakukan arus balik. Yang luar biasa adalah, ibu yang bernama Sukiati ini harus melahirkan di pinggir jalan Tol Cipali (Cikopo – Palimanan), tepatnya di Km 82 menuju Jakarta. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-bayi-bedong

Sukiati yang sudah berusia 43 tahun ini memang masih dalam kondisi hamil saat melakukan arus balik ini. Meskipun dalam kondisi hamil besar, Sukiati tetap menggunakan bus, tepatnya bus Kiaramas untuk menuju tempat tinggalnya di Ibukota. Namun, saat pukul 10:40 WIB, bus ini harus berhenti di pinggir jalan tol. Saat itu, cukup banyak penumpang dan petugas bus yang berada dalam kondisi kebingungan karena ternyata Sukiati akan segera melahirkan!

Berhentinya bus ini di pinggir jalan tol ini mengundang perhatian petugas kepolisian yang kebetulan juga sedang melakukan patroli memantau arus lalu lintas di salah satu jalan tol yang paling banyak dipakai di arus mudik dan arus balik tahun ini tersebut. Kasat lantas Polres Purwakarta AKP Arman Sahti menyebutkan bahwa Ia melihat ibu Sukiati sudah tergeletak di pinggir jalan untuk segera melahirkan. AKP Arman dan beberapa penumpang perempuan pun segera sigap membantu proses persalinan sang ibu. Di dalam berbagai keterbatasan dan di tempat yang sangat tidak ideal untuk melahirkan, Sukiati akhirnya bisa melahirkan dengan selamat dan bayinya juga berada dalam kondisi yang sehat. Setelahnya, keduanya langsung dibawa ke rumah sakit Siloam di Purwakarta untuk mendapatkan penanganan medis yang diperlukan.