Ibu Ini Melahirkan Saat Mudik di Kapal Merak-Bakauheni

bayi_melahirkan_mudik_doktersehat_1
Photo Source: http://dlu.co.id/

DokterSehat.Com– Bagi ibu hamil, melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik memang bisa memberikan risiko kesehatan tersendiri. Tak hanya risiko keguguran bagi mereka yang baru menjalani trimester awal kehamilan, mereka yang sudah hamil tua juga bisa saja melahirkan di tengah-tengah perjalanan. Bahkan, saat arus mudik kemarin, terdapat seorang ibu yang melahirkan saat melakukan perjalanan di tengah laut!

Sang ibu yang melahirkan ini bernama Miswirati. Ia melahirkan di KMP Kirana II yang melakukan perjalanan dari Pelabuhan Merak-Bakauheni pada Selasa, 12 Juni 2018. Beruntung, di dalam kapal terdapat petugas medis yang siap sedia untuk membantu Miswirati menjalani proses persalinan.

Pada pukul 15.45 WIB, Misriwati akhirnya melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan dengan proses persalinan normal bernama Dahlian Kirana Putri. Dahlian terlahir dengan kondisi sehat dengan panjang 48 cm dan berat 2,8 kg.

Tak hanya memiliki pengalaman luar biasa melahirkan saat mudik di atas kapal laut, Misriwati juga mendapatkan penghargaan dari PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang mengelola beberapa kapal yang ada di Indonesia, termasuk kapal yang melayani rute Merak-Bakauheni seperti KMP Kirana II. Penghargaan tersebut ditujukan kepada buah hatinya, yakni tidak akan dipungut biaya sepeserpun saat menaiki kapal yang berada di bawah manajemen PT DLU seumur hidup.

Kisah ibu yang melahirkan di atas kapal laut saat mudik ternyata tidak hanya sekali terjadi. Beberapa hari sebelum Misriwati melahirkan, seorang wanita yang sedang hamil dan menggunakan kapal dari PT DLU juga melahirkan saat berada di kawasan Makassar Sulawesi Selatan. Sebagaimana Dahlian Kirana Putri, sang bayi juga mendapatkan penghargaan yang sama, yakni digratiskan naik kapal seumur hidupnya.