Meditasi Ternyata Efektif Untuk Menekan Nafsu Makan

DokterSehat.Com – Menurut pakar kesehatan, meditasi bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan psikis. Dengan melakukan meditasi, kita bisa menghilangkan stress sekaligus menghilangkan berbagai beban pikiran ataupun kesedihan. Namun, yang tidak diduga adalah, meditasi ternyata mampu memberikan manfaat lain, khususnya bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, yakni mampu menahan keinginan untuk makan dengan berlebihan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

Pakar kesehatan dr. Ian Campbell menyebutkan bahwa dengan melakukan meditasi secara rutin, kita bisa menahan nafsu makan sehingga tidak mudah makan atau ngemil dengan berlebihan. Menurut beliau, meditasi mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Dengan pikiran yang tenang, tanpa kita sadari kita akan jauh lebih baik dalam menjaga berat badan kita tetap ideal. Sebaliknya, pikiran yang stress, depresi, dan penuh dengan kecemasan justru cenderung membuat kita mudah terkena obesitas.

Stress dan depresi diyakini menjadi salah satu penyebab dari obesitas. Saat kita mengalami kedua masalah kesehatan mental ini, kita tidak akan memiliki waktu untuk berpikir tentang pola makan yang sehat. Banyak orang yang bahkan menjadikan makanan sebagai pelampiasan dari stress dan depresi tersebut sehingga mereka pun akhirnya makan dan ngemil dengan porsi dan frekuensi yang tidak terkontrol.

Dengan melakukan meditasi, maka kita akan mengendalikan pikiran sekaligus membuat kita memiliki kesadaran otak dengan lebih baik. Dengan mampu mengendalikan pikiran, maka kita tentu akan lebih baik dalam menentukan kapan sebaiknya kita makan, seberapa banyak porsi makan yang kita konsumsi, dan menerapkan gaya hidup sehat lainnya layaknya berolahraga hingga mendapatkan istirahat yang cukup.

Memang, melakukan meditasi adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan mengingat kita membutuhkan waktu dan pikiran yang fokus. Namun, jika kita bersungguh-sungguh melakukannya, maka kita bisa mendapatkan manfaatnya, khususnya dalam menjaga berat badan tetap ideal.