Meditasi Sangat Efektif Dalam Melawan Stres

DokterSehat.Com – Apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi stres dan kepenatan yang terjadi karena berolahraga atau kesibukan lainnya? Banyak orang yang memilih untuk melakukan rekreasi atau jalan-jalan ke berbagai tempat liburan. Sayangnya, perjalanan menuju tempat liburan belum tentu lancar dan bahkan terkadang harus melalui kemacetan yang juga bisa memicu stres, belum lagi dengan banyaknya uang yang harus kita habiskan untuk berrekreasi ini. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk melakukan hal lain yang lebih mudah dan murah, dan meditasi pun sangat disarankan bagi kita untuk melawan stres.

doktersehat-yoga-meditasi-atasi-stres

Meditasi berkaitan erat dengan refleksi diri sendiri. Memang, meditasi memiliki kaitan yang erat dengan pengendalian stres, namun, pakar kesehatan menyebutkan jika ada hal lain yang bisa kita dapatkan jika melakukan meditasi dimana tubuh akan meningkatkan sistem metabolism dan sistem kekebalan tubuh.

Fakta ini didukung oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh tim gabungan dari Harvard Medical School, University of California, dan Mount Sinai School of Medicine. Ada 94 wanita yang terlibat dalam penelitian ini dengan rentang usia 20 hingga 60 tahun. Semua partisipan berlibur di resort yang sama selama seminggu, namun, sebagian diantaranya mengikuti program meditasi layaknya yoga dan refleksi diri, dan sebagian lainnya tidak. Pakar kesehatan pun melakukan penelitian dengan biomarker yang berkaitan erat dengan kadar stres, kesehatan sel-sel tubuh, dan penuaan dalam tubuh. Ada sekitar 20 ribu gen pada para partisipan yang akan diukur sebelum dan sesudah melakukan liburan.

Pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Rudolph Tanzi, menyebutkan jika hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipan yang melakukan meditasi akan cenderung mengalami perubahan gen yang lebih baik dalam respon pengendalian stres dan juga sistem kekebalan tubuh. Alhasil, sistem kekebalan tubuhnya akan menjadi lebih kuat dan tingkat stres akan jauh lebih rendah sehingga tingkat kesehatannya akan jauh lebih baik.