Media Sosial Menjadi Salah Satu Pemicu Masalah Kesehatan Mental Anak-Anak

DokterSehat.Com – Tidak seperti pada jaman dahulu dimana anak-anak akan cenderung banyak menghabiskan waktu bermain di luar rumah bersama teman-temannya, kini kebanyakan anak lebih tertarik untuk menghabiskan waktu bermain dengan gadgetnya. Disamping banyak permainan modern yang ditawarkan, tanpa kita sadari kini banyak anak-anak yang sudah menikmati media sosial lewat gadget. Melalui media sosial ini, mereka bisa bercakap-cakap atau bahkan sekadar mencari informasi dan berita hingga berjam-jam lamanya. Meskipun terlihat baik karena orang tua tidak perlu mengkhawatirkan kondisinya karena lebih sering di area rumah, penggunaan media sosial berlebihan ini ternyata sangat baik bagi kesehatan mental sang anak.

doktersehat-handphone-gadget-anak-kecil-game-pornografi

Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 hingga 2013, ditemukan fakta bahwa kini 56 persen anak menghabiskan tiga jam atau lebih dalam sehari hanya untuk bermain media sosial. Bahkan, 8 persen dari jumlah anak-anak ini mengakses media sekolah pada jam pelajaran sekolah. Anak perempuan lebih sering bermain media sosial jika dibandingkan dengan anak laki-laki dimana 1 dari 10 anak perempuan akan bermain media sosial lebih dari 3 jam setiap harinya.

Yang menjadi masalah adalah, anak yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain media sosial ternyata memiliki resiko dua kali lipat mengalami masalah kesehatan mental. Bahkan, dari data yang dikeluarkan oleh National Statistics menunjukkan bahwa anak yang menghabiskan banyak waktunya untuk bermain media sosial cenderung bermasalah dalam hal emosionalnya, lebih sering berperilaku buruk, dan cenderung hiperaktif.

Penelitian juga mengungkapkan jika dalam media sosial, kini banyak anak-anak yang mengalami cyber bullying yang tentu bisa berimbas buruk pada psikologisnya. Padahal, Ia bisa saja berinteraksi dengan begitu banyak orang yang tidak Ia kenal pada media sosial yang bisa saja membully dirinya dan membuatnya terkena depresi, kecemasan berlebihan, dan mengalami tekanan emosional.

Baca Juga:  Dokter di Amerika Serikat ini Dituduh Menyebarkan Vaksin Palsu

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kini orang tua memberikan pengarahan yang tepat agar anak tidak lagi menjadi pecandu media sosial atau bahkan pecandu gadget secara keseluruhan. Dengan perhatian orang tua, apalagi jika anak mau diajak bermain ke luar rumah, maka anak pun akan cenderung lebih sehat baik itu secara fisik maupun mental.