Media Sosial Juga Bisa Membawa Kebahagiaan Bagi Seseorang, Lho

DokterSehat.Com – Media sosial belakangan ini kerap dituding sebagai hal yang sangat buruk bagi manusia. Sebagai contoh, ada sebagian besar orang yang masih berusia remaja atau pemuda yang ketagihan memakai media sosial ini hingga bisa membuat mereka tidak bisa lepas dari gadget dimanapun dan kapanpun. Mereka bahkan bisa mengalami gangguan tidur karena cemas jika tidak mengecek apa yang terjadi pada media sosialnya. Tak hanya itu, penggunaan gadget yang terlalu sering jelas akan berdampak buruk bagi kesehatan syaraf dan persendian, khususnya pada tangan kita.

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Media sosial bahkan kini dituding sebagai ajang pamer egoisme dan idealisme bagi banyak orang sehingga membuat kita bisa merasa sebal dengan postingan orang lain yang cenderung pamer atau bahkan bahasan soal politik yang tak kunjung henti. Beberapa orang bahkan bisa menjadikan media sosial sebagai tempat untuk bertengkar dan saling memaki yang tentu bisa membuat hidup menjadi tidak bahagia. Namun, tahukah anda jika media sosial ternyata juga bisa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan kita, khususnya dalam hal psikologis? Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University menyebutkan bahwa dibalik banyaknya sisi negatif yang terungkap dari sosial media, ada banyak sisi positif yang bisa membuat kita bahagia menggunakannya.

Para peneliti menemukan fakta bahwa pengguna sosial media bisa merasakan sensasi berbahagia layaknya saat mereka menikah atau baru saja melahirkan anak saat mereka menemukan postingannya mendapatkan komen atau setidaknya mendapatkan reaksi like dari orang lain. Dari penelitian ini, satu tanda like dari orang lain bisa meningkatkan kadar kebahagiaan seseorang karena ternyata bisa memberikan efek layaknya sentuhan personal. Bisa anda bayangkan jika postingan kita ternyata dikomen secara positif oleh banyak orang, tentu kita akan merasa senang dan dihargai bukan?

Baca Juga:  Diet Sehat Dengan Quantum Slimming

Para peneliti pun menyarankan kita untuk memberikan waktu setidaknya memencet tombol like pada media sosial sebagai bentuk penghargaan pada postingan positif dari sanak keluarga atau teman-teman kita. Tak hanya itu, berikanlah komen yang positif sehingga mereka pun bisa mendapatkan rasa senang dan bisa membuat mood mereka sangat baik seharian.