Matcha, Minuman Nikmat nan Menyehatkan

DokterSehat.Com – Matcha adalah salah satu minuman khas dari Jepang yang berupa teh hijau namun telah berbentuk bubuk. Berbeda dari teh hijau pada umumnya yang terbuat dari rendaman daun teh, matcha ternyata dibuat dari daun teh hijau yang kering yang ditumbuk hingga halus menjadi bubuk. Sebagaimana teh hijau pada umumnya, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari matcha. Seperti apakah manfaat-manfaat kesehatan tersebut?

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

Pakar kesehatan menyebutkan jika matcha kaya akan kandungan sehat yang akan membuat kita lebih baik dalam melawan kolesterol, menurunkan resiko terkena kanker, menurunkan peradangan pada tubuh, dan lebih baik dalam mengendalikan gula darah. Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Chromatography A menyebutkan jika matcha ternyata jauh lebih menyehatkan daripada teh hijau biasa dimana di dalam matcha, ada konsentrasi epigallokatekin gallate atau EGCG yang lebih tinggi 137 kali lipat jika dibandingkan dengan yang ada pada teh hijau biasa. Banyaknya kandungan EGCG ini berarti matcha memiliki kadar antioksidan yang jauh lebih banyak yang akan membantu tubuh dalam melawan kanker dan berbagai kerusakan sel.

Matcha juga diyakini mampu membuat kita lebih baik dalam membakar lemak sehingga sangat direkomendasikan bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food and Nutrition dimana tikus percobaan yang diberi diet tinggi lemak namun juga diberikan matcha dalam jumlah yang tinggi, maka kandungan trigliserida dan kolesterolnya cenderung jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan tikus yang diberi diet tinggi lemak namun tidak diberi matcha.

Matcha juga memiliki kemampuan membuat kita lebih waspada dan berkonsentrasi layaknya kopi. Yang menarik adalah, selain membuat kita menjadi lebih waspada, matcha juga mampu membuat pikiran kita menjadi lebih rileks. Dengan adanya berbagai kebaikan ini, tentu tidak ada salahnya jika kita mulai rutin mengkonsumsi matcha yang sangat nikmat ini, bukan?