Mata Silinder Tidak Boleh Disepelekan Begitu Saja

DokterSehat.Com – Salah satu gangguan mata yang harus diwaspadai adalah penyakit mata silinder. Bagaimana tidak penyakit ini bisa membuat penglihatan kita menjadi kabur dan cenderung berbayang karena bentuk lensa mata atau bentuk kornea mata yang tidak lagi sempurna. Biasanya, penderita mata silinder ini akan kesulitan membaca tulisan-tulisan yang kecil dan pada akhirnya mengalami sakit kepala, mata yang semakin tegang dan lelah, dan tentu akan terganggu aktifitasnya sehari-hari. Masalah mata silinder ini tidak boleh disepelekan begitu saja dan sebaiknya harus segera diobati.

doktersehat-Astigmatisma-mata-silinder-Hipermetropi-Rabun-jauh-Mata-dekat

Penderita mata silinder akan mengalami masalah pada bentu kornea yang tidak normal dimana seharusnya bentuknya mirip dengan bola. Namun, penderita mata silinder biasanya akan memiliki bentuk mata layaknya bola rugby. Dengan adanya masalah ini, maka cahaya yang biasa masuk pada retina tidak akan mampu difokuskan pada suatu titik pada retina sehingga yang terjadi adalah penglihatan akan terlihat sangat kabur.

Biasanya, mereka yang memiliki resiko besar mengalami mata silinder adalah yang pernah mengalami infeksi pada mata, pernah mengalami pembengkakan atau bahkan penipisan pada kornea, hingga pernah melakukan terapi pengobatan atau operasi mata yang menimbulkan perubahan bentuk pada kornea mata. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga memiliki resiko besar untuk mengalami masalah pada mata ini.

Lantas, adakah cara agar masalah mata silinder ini bisa diatasi? Pakar kesehatan menyebutkan jika penderita mata silinder bisa memakai kacamata khusus yang bisa membuat mereka tidak lagi mengalami masalah penglihatan yang kabur. Namun, ada baiknya, penderita mata silinder melakukan terapi operasi lasik atau operasi Lasek yang bisa menyelesaikan masalah mata silindir ini. Selain itu, ada pula prosedur yang disebut sebagai photorefractive keratectomy atau PRK yang cukup jarang digunakan. Satu hal yang pasti, sebelum memakai prosedur penyembuhan mata silinder tersebut, ada baiknya kita berkonsultasi pada dokter mata untuk menentukan prosedur mana yang terbaik bagi masalah mata silinder.