Mata Merah? Jangan Dikucek, Lakukan Hal Ini

DokterSehat.Com – Salah satu organ tubuh yang paling lelah adalah mata. Bagaimana tidak, mata akan segera langsung bekerja begitu kita bangun tidur dan baru kita beristirahat saat kita mulai kembali memejamkan mata. Sayangnya, mata memiliki resiko besar untuk mudah mengalami kelelahan karena menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama. Selain itu, mata juga bisa terkena debu dan kotoran yang tentu membuatnya terkena iritasi. Jika hal ini terjadi, tentu mata akan mudah mengalami kondisi mata merah yang meskipun biasanya hanya berlangsung sementara, namun bisa membuat mata terasa tidak nyaman. Lantas, adakah cara untuk membuat mata merah menjadi reda?

doktersehat-penglihatan-mata-kabur-miopi

Pakar kesehatan menyebutkan jika mata merah karena teriritasi seringkali disebabkan oleh mata kurang bersih dan kurang dilembabkan oleh air mata. Jika diperlukan, kita bisa memakai obat tetes mata yang bisa membuat mata kering mendapatkan kelembabannya kembali dan mata merah pun bisa mereda.

Cara kedua untuk membuat mata merah menjadi reda adalah dengan mengompresnya. Ada dua pilihan cara mengompres yang bisa kita pakai, yakni memakai kompres dengan air hangat dan juga yang memakai kompres dengan air dingin. Kompres dengan air hangat bisa dilakukan dengan handuk kecil yang sudah dibasahi air hangat dan diletakkan pada area mata selama setidaknya 10 menit. Mata yang menghangat bisa memicu peningkatan aliran darah menuju mata dan juga produksi minyak di sekitar kelopak mata. Kondisi ini tentu bisa membuat masalah mata merah mereda. Sementara itu, handuk kecil juga bisa dibasahi dengan air dingin dan ditempatkan pada mata untuk menghilangkan bengkak dan gatal-gatal pada area mata. Hanya saja, ingatlah agar tidak menempatkan es pada mata secara langsung.

Baca Juga:  Ingin Perut Ramping, Konsumsi Makanan Ini

Selain cara-cara di atas, cobalah anda mengecek kondisi mata anda. Sebagai contoh, pengguna lensa kontak memiliki resiko terkena iritasi mata cukup besar sehingga ada baiknya anda melepas lensa kontak terlebih dahulu untuk meredakan masalah mata merah.