Mata Lelah? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com – Jika kita termasuk dalam orang yang terbiasa bekerja dengan menatap layar komputer dalam waktu yang lama, kerap menggunakan smartphone, atau suka membaca buku, maka kita tentu pernah merasakan masalah mata lelah. Jika hal ini terjadi, maka mata pun akan terasa tidak nyaman. Berikut adalah cara yang bisa kita lakukan utnuk mengatasi masalah mata lelah tersebut.

doktersehat-mata-kerja-lelah

Menggunakan es batu
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cara yang paling mudah namun ampuh untuk mengatasi mata lelah adalah dengan menggunakan es batu. Kita hanya perlu mengambil es batu dan kemudian menyimpannya pada kain atau sapu tangan dan dikompreskan pada mata yang terasa lelah. Menurut pakar kesehatan, sensasi dingin dari kompres es batu ini mampu mengatasi masa lelah dengan efektif.

Menggunakan irisan lemon
Kita hanya perlu menempatkan irisan lemon pada mata kita yang terasa lelah. Jika perlu, kita juga bisa menggosokannya pada lingkar mata kita. Hanya saja, ada baiknya kita berhati-hati dalam menggunakannya karena tetesan air lemon bisa membuat mata kita terasa perih.

Menggunakan kentang
Kita hanya perlu marut buah kentang dan menempatkan parutan kentang ini pada kain dan tinggal kita kompreskan pada mata kita yang terasa lelah. Dengan melakukannya beberapa kali, maka mata kita kembali segar dan kita pun bisa kembali melakukan berbagai aktifitas.

Menggunakan teh chamomile
Teh chamomile tinggal kita rendam di dalam air. Setelahnya, gunakan air rendaman ini sebagai kompres pada mata kita yang terasa lelah. Setelah dikompres selama beberapa saat, mata tinggal kita basuh dengan air dingin. Dengan melakukan kompres ini beberapa kali, maka mata pun akan sehat dan nyaman kembali.

Baca Juga:  Jangan Mengucek Mata Jika Belum Cuci Tangan

Beristirahat
Beristirahat sebentar di siang hari dan memastikan bahwa kita akan tidur dengan waktu yang cukup di malam hari ternyata bisa mengatasi masa lelah dan mencegah munculnya mata panda dengan efektif.