Mata Lelah Dan Cara Mengatasinya

Dokter Sehat – Terlalu lama menatap komputer ataupun aktifitas lainnya yang memicu mata bekerja lebih ekstra dapat membuat mata menjadi lelah, padahal mata merupakan salah satu indera yang memiliki fungsi penting dan berharga. Jika seseorang sudah mengalami mata lelah, maka kondisi ini akan mempengaruhi kemampuan penglihatanya serta menurunkan kinerja.



Gejala mata lelah :

  1. Penglihatan menjadi kabur.
  2. Penglihatan tidak bisa fokus.
  3. Mata terasa berat (kadang berair).
  4. Mata terasa gatal, kering, dan perih.
  5. Sakit di punggung, bahu, leher, dan kepala.
  6. Sensitif terhadap cahaya.

Kelelahan pada mata termasuk kondisi yang umum terjadi dan tidak membutuhkan penanganan yang serius, hal yang perlu dilakukan adalah cukup dengan mengistirahatkan mata dalam beberapa waktu dan rasa lelah di mata pun akan hilang. Namun jika mata anda yang lelah tidak kunjung membaik dan bahkan mata semakin terasa berat, segeralah berkonsultasi kepada dokter.

Pencegahan agar mata tidak cepat lelah :

  1. Aturlah jarak antara layar komputer dengan mata anda, 50 hingga 100 cm adalah jarak yang ideal bagi kedua mata anda.
  2. Aturlah pencahayaan layar monitor computer atau laptop anda, usahakan jangan terlalu terang dan tajam karena hal tersebut membuat mata anda cepat tegang dan lelah.
  3. Saat bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer, usahakan posisi tubuh anda lurus atau sejajar dengan perangkat elektronik tersebut. Aturlah posisi tubuh anda senyaman mungkin, jangan buat anggota tubuh anda seperti punggung, leher, bahu, dan mata, bekerja terlalu keras akibat posisi tubuh yang tidak tepat ketika bekerja di depan layar monitor komputer.
  4. Jangan pelit untuk berkedip, berkedip dapat mengatasi rasa lelah di mata. Berkedip akan menghasilkan air yang dapat melembabkan serta menyegarkan kedua mata anda,  Anda juga bisa memakai obat tetes mata untuk membuat mata anda yang kering menjadi lebih lembab.