Mata Bintitan? Sembuhkan Dengan 5 Bahan Alami Ini

Doktersehat-cara-menghilangkan-benjolan-di-mata
Photo Credit: Flickr.com/Johan

DokterSehat.Com – Salah satu mitos yang hingga kini masih banyak dipercaya oleh beberapa orang adalah aktivitas mengintip dianggap sebagai dalang munculnya mata bintitan. Padahal, tidak ada hubungannya sama sekali antara mengintip dengan benjolan pada mata ini. Lantas, bagaimana cara menghilangkan benjolan di mata ini?

Perlu diketahui, bintitan tidak menyebabkan kebutaan, tetapi rasa perih yang dihasilkan membuat mata penderitanya merasa tidak nyaman. Bintitan sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri yang tumbuh di bagian akar rambut pada bulu mata.

baca juga: Softlens Bisa Sebabkan Mata Bintitan?

Gejala Bintitan

Indikasi bintitan dapat dengan mudah terdeteksi dari tumbuhnya benjolan merah yang mirip bisul pada kelopak mata. Berikut ini adalah gejala yang bisa Anda kenali di antaranya:

  • Mata atau kelopak mata yang memerah.
  • Kelopak mata yang bengkak dan terasa nyeri.
  • Mata berair.
  • Rasa gatal di kelopak mata.
  • Rasa nyeri pada mata. Rasa nyeri ini akan semakin menjadi ketika Anda menundukkan kepala.

Pada umumnya, hampir semua kasus bintitan tidak membutuhkan penanganan medis khusus dan bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, risiko komplikasi tetap bisa Anda alami. Oleh karenanya, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter jika bintitan yang Anda alami tidak menunjukkan tanda-tanda membaik setelah 2 hari dan pembengkakan menyebar hingga ke bagian lain wajah.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan benjolan di mata ini? Berikut ini adalah beberapa obat alami bintitan yang bisa Anda coba, antara lain:

  1. Ketumbar

Salah satu obat alami bintitan yang sangat baik untuk mengatasi gangguan pada mata ini adalah biji ketumbar. Cukup rebus 2-4 sendok ketumbar dalam air kemudian kompres mata dengan air rebusan ketumbar ini. Biji ketumbar memiliki banyak antioksidan dan sifat membunuh bakteri serta mengurangi peradangan sehingga baik untuk bintitan.

  1. Teh celup

Jika Anda kebetulan selesai minum teh celup, maka jangan langsung buang kantong teh celup tersebut. Anda bisa mengobati bintitan dengan menggunakan kantong teh celup. Caranya, Anda cukup mengompres mata dengan kantong teh celup. Teh memiliki banyak antioksidan sehingga baik dalam mengurangi penderitaan karena bintitan.

  1. Daun jambu biji

Cara menghilangkan benjolan di bawah mata yang dapat dengan mudah Anda lakukan adalah menggunakan daun jambu biji. Obat alami bintitan ini memiliki senyawa menyembuhkan seperti antibakteri dan antiinflamasi. Anda bisa mengambil beberapa lembar daun jambu biji dan menumbuknya halus kemudian membubuhkan pada kelopak mata yang bintitan.

  1. Kunyit

Salah satu tanaman obat alami bintitan yang sangat manjur mengatasi semua penyakit adalah kunyit. Memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, seruas kunyit yang ditumbuk halus dan dikompreskan pada mata bintitan akan mempercepat penyembuhan dan meredakan benjolan di mata.

  1. Bunga

Ambil bunga apa pun di halaman Anda, bisa melati, mawar, kenanga, atau bunga sepatu. Remas hingga hancur dan gosokkan perlahan pada bagian yang bintitan. Anda akan mendapati mata bintitan mereda dan mata kembali normal. Cara ini sangat efektif terutama jika bintitan disebabkan oleh gigitan serangga.

baca juga: Penyebab Bintitan pada Anak dan Cara Mengatasinya

Setelah Anda mengetahui beberapa cara menghilangkan benjolan di mata seperti yang dijelaskan di atas, cara mudah lainnya yang bisa dicoba adalah menempelkan kompres air hangat dan memijat lokasi bintitan dengan lembut.

Cara ini merupakan salah satu terapi medis yang sangat disarankan. Anda dapat mengompres bagian mata tersebut selama 10 menit dan lakukan hal ini empat kali sehari.

Kompres dilakukan dengan menggunakan handuk bersih yang sebelumnya direndam dalam air hangat. Peras hingga air tidak lagi menetes, lalu tempelkan kompres tersebut. Suhu hangat dari handuk akan membantu mengencerkan nanah didalamnya dan mengempiskan bintitan secara alami.