Mata Bagus, Otak Juga Ikut Bagus

DokterSehat.Com – Kondisi mata bisa memberitahukan kondisi kesehatan Anda. Sebuah penelitian di Psychological Science menemukan, pembuluh darah di belakang mata bisa mengungkapkan seberapa sehat otak Anda.

3

Ilmuwan menemukan, orang yang venanya lebih luas maka lebih buruk tes IQnya pada usia pertengahan. Menurut penulis penelitian, Idan Shalev, faktor lain seperti merokok, diabetes, atau status sosial ekonomi tak bisa disalahkan untuk nilainya.

Apa yang menyebabkannya? Pembuluh darah mata mencerminkan kondisi pembuluh otak Anda karena ukuran, struktur, dan fungsinya serupa.

Pembuluh darah mata dikembangkan dari sel-sel yang sama yang mengembangkan pembuluh darah otak, kata Shalev seperti dikutip Menshealth, Jumat (28/6/2013).

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan ukuran pembuluh darah di mata dengan risiko penyakit lain seperti demensia, penyakit jantung, atau stroke. Tapi, studi tersebut dilakukan pada orang tua.

Pada penelitian ini, kesehatan mata bisa menunjukkan kesehatan otak pada usia lebih muda. Hasilnya bisa terlihat pada anak-anak.