Mata Anak Sering Berkedip

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Kondisi mata yang sering berkedip jarang menimbulkan masalah serius dan sebagian besar bisa sembuh tanpa memerlukan perawatan.

Mata berkedip menurut Profesor Alan Hedge dari Cornell University states adalah satu refleks mata yang normal terjadi. Profesor Alan menuturkan bahwa rata-rata manusia mengedipkan matanya 12 kali per menit atau setara dengan 17.000 kali sehari.

Tapi beberapa anak ada yang seringkali mengedipkan matanya seakan-akan berkedip 17.000 kali per menit.

Berdasarkan penelitian tahun 2001 yang dilaoprkan oleh penulis utama David Coast dari Baylor College of Medicine di jurnal Ophthamology menuturkan bahwa sebagian besar anak yang sering berkedip termasuk ke dalam kategori yang tidak berbahaya dan bisa membatasi dirinya sendiri.

Penyebab mata anak sering berkedip Seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (12/8/2010) adalah:

  1. Mata kering, karena berkedip merupakan salah satu mekanisme untuk rehydrate mata.
  2. Anak memiliki masalah penglihatan seperti convergence insufficiency, yaitu masalah dalam hal memfokuskan kedua matanya terhadap objek yang dekat. Atau masalah penglihatan yang kabur juga membuat seseorang berkedip lebih sering.
  3. Adanya masalah pada kelopak mata atau bagian mata yang terdiri dari kornea, iris, ruang anterior dan lensa.
  4. Memiliki gangguan sindrom Tourette, salah satu gejala dari sindrom ini adalah anak sering melakukan ‘tics’ yang bisa berupa mata berkedip.
  5. Adanya gangguan gerakan yang disebut dengan dystonia.
  6. Adanya gangguan saraf atau neurologis.
  7. Mata sering berkedip juga bisa menjadi bagian dari epilepsi.
  8. Adanya reaksi alergi yang membuat mata menjadi lebih sering berkedip.

Mata yang sering berkedip ini lebih banyak terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan dengan perbandingan 2:1. Selain itu untuk mendiagnosisnya diperlukan riwayat kesehatan dari anak dan juga pemeriksaan klinis. Karena itu perawatan yang diberikan untuk mengatasi kondisi ini juga tergantung dari penyebabnya.

Pada umumnya kondisi mata yang sering berkedip jarang menimbulkan masalah serius dan sebagian besar bisa sembuh tanpa memerlukan perawatan. Tapi jika kondisi ini disebabkan oleh epilepsi atau dystonia, maka diperlukan penanganan lebih lanjut karena salah satu jenis dystonia yaitu blefarospasme bisa membuat kelopak mata benar-benar tertutup yang menyebabkan kebutaan fungsional.

sumber: detik health

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. Febryanti

    Umur Sy 18 Tahun..Mata Saya sering Berkedip2..
    Jika Kedipan it d Tahan..Mata Saya Terasa Pedih..Tolong penjelasanx..

  2. aghnia

    Dok, adik saya sering berkedip matanya setiap detiknya, tadinya nggk seperti itu..tapi setelah main gadget jdi sering berkedip..itu kenapa ya dok matanya? Mnta solusinya..mksih

    1. dr. Vanny Bernadus

      kemungkinan karena terlalu kering akibat terlalu sering melihat gadget. trims

  3. Sugiono

    Dok.. anak saya laki2 umur 5tahun.. Bbrp bulan ini.. kadang2 kedua mata anak saya berkedip.. lebih sering yang kanan.. Terkadang normal.. terkadang berkedip berlebih.. Kami kira krn capek.. tp setelah istirahat jg msh berkedip.. Mohon dibantu solusinya.. Terima kasih..

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Pak Sugiono
      keluahn yang anda bagikan perli diperiksa lebih lanjut apakah hanya disebebakan karena kebiasaan, atau ada kelainan lain yang mendasari
      bila disebabkan karena kebiasaan, anak perlu diingtkan bila sering berkedip
      silakan ke dokter sp. anak/ dokter sp. mata bila keluahntidak kunjung membaik
      Terima kasih

  4. fitri

    Usia saya 29th mata saya suka kedip2 pas ketika saya sering menatap laptop dgn sering. Sejak saat it smpai bbrpa bulan ksni,mata saya sering sekali kedip2. Kadang suka pegel jg pelipis mata krna kedip2 itu. Apa obatnya yah??? Pdhl saya sdh ga berhubungan dgn laptop lg.

    1. dr. Eko B

      Selamat Siang Fitri
      apakah anda juga mengalami penglihatan kabur?
      rasa pegal pada mata juga dapat disebabkan karena mata berakomodasi secara maksimal, karena adanya gangguan misalnya rabun dekat atau rabun jauh
      silakan anda periksa ke Dokter Sp. Mata untu diperiksa visus (tajam penglihatan)
      Terima kasih

  5. Esthy

    Dok anak sy laki2 umur 4thn sejak 2 minggu terakhir ini mata nya sering kedip2, awal sebelah kanan setelah beberapa hari hilang, nah 4 hari kemudian kambuh lagi tapi skrg yg bagian kiri, malah lbih parah krn kedutan jg terlihat di sekitar pipi saat mata nya kedip2..
    Anak sy termasuk sangat aktiv main loncat2 dll, kalau malam sering mengigau sampai pernah kepalabya terbentur tembok, apakah ini berpengaruh dok dengan kesehatan mata anak sy?
    Dan apa yg harus sy lakukan sbg orangtua?
    Terimakasih..

Leave a Comment