Masyarakat Modern Cenderung Lebih Sulit Mendapatkan Tidur Nyenyak

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah guyonan di masyarakat dimana seiring dengan bertambahnya usia, kita akan cenderung tidur dengan waktu yang lebih sedikit dan lebih tidak berkualitas. Kita pun harus bertanya pada diri kita, apakah kita benar-benar sudah mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dan nyenyak selama ini? Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika idealnya orang dewasa tidur dengan durasi tujuh hingga delapan jam setiap malamnya. Sayangnya, kehidupan modern memaksa kita menikmati tidur hanya dalam waktu lima hingga enam jam setiap harinya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Tak disangka gaya hidup modern dan berbagai kemajuan teknologilah yang menjadi penyebab utama mengapa kita kini lebih sedikit mendapatkan waktu tidur berkualitas daripada sebelumnya. Pakar kesehatan dr Guy meadows dari klinik The Sleep School berkata jika kini masyarakat modern bahkan cenderung lebih larut dalam memulai waktu tidurnya. Selain karena faktor pekerjaan, menonton televisi atau memakai gadget, masyarakat modern berpikir lebih banyak dari masyarakat jaman dahulu dan hal ini bisa memicu kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Gaya hidup yang buruk ternyata juga akan ikut membuat kita kini lebih sulit mendapatkan waktu tidur yang jauh lebih nyenyak. Sebagai contoh, penggunaan gadget bisa membuat seseorang penasaran ingin mengetahui apa yang terjadi di dunia sehingga akan membuatnya tidak mudah mengantuk. Pada dasarnya, otak kita memang kini berpikir terlalu banyak tentang apa yang akan terjadi di kemudian hari sehingga kita pun akan mengalami kecemasan atau penasaran yang pada akhirnya membuat kita sulit mendapatkan waktu tidur berkualitas.

Jika hal ini diteruskan begitu saja, maka kita pun akan kekurangan waktu tidur yang bisa berdampak pada munculnya penyakit berbahaya layaknya obesitas, serangan stroke, kanker, hingga penyakit jantung. Secara psikologis pun, kita yang jarang mendapatkan tidur nyenyak pun akan menjadi lebih mudah terkena stress dan mudah marah. Dengan adanya fakta-fakta ini, cobalah untuk menjadi lebih rileks di kamar sebelum tidur. Singkirkan berbagai peralatan elektronik layaknya televisi atau telepon seluler karena bisa memicu kita akan kesulitan mendapatkan waktu tidur yang nyenyak.