Masyarakat Bolivia Ini Memiliki Jantung Tersehat di Dunia

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik tentang masyarakat Tsimane yang tinggal di Bolivia, Amerika Selatan. Masyarakat Tsimane yang tinggal di dataran rendah Bolivia ini ternyata memiliki jantung paling sehat di dunia. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Menurut penelitian ini, masyarakat Tsimane masih menjalani kehidupan yang sederhana, yakni berburu dan juga mengumpulkan makanan. Yang menarik adalah, gaya hidup yang sederhana inilah yang membuat mereka memiliki resiko yang sangat rendah untuk terkena penyakit jantung. Antropolog dari University of New Mexico bernama Profesor Hillard Kaplan menyebutkan bahwa gaya hidup masyarakat Tsimane yang masih sama dengan nenek moyang manusia modern mampu membuat mereka memiliki proses penuaan yang berbeda.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan di jurnal berjudul The Lancet dan melibatkan 705 orang dewasa dari Tsimane ini, diketahui bahwa setelah para partisipan ini melakukan CT scan untuk mengetahui apakah mereka mengalami pengerasan pada pembuluh darah arteri, perhitungan tekanan darah dan detak jantung serta resiko peradangan, diketahui bahwa 85 persen masyarakat Tsimane tidak memiliki resiko penyakit jantung sama sekali. Selain itu, 13 persen masyarakat Tsimane lainnya hanya memiliki resiko yang rendah untuk terkena penyakit ini.

Tak hanya karena gaya hidup mereka yang cenderung sangat aktif, kebiasaan masyarakat Tsimane yang mengkonsumsi makanan kaya serat setiap harinya juga membuat mereka hanya memiliki resiko yang sangat rendah untuk terkena penyakit jantung. Selain itu, hanya 15 persen asupan harian masyarakat Tsimane yang menggunakan daging-dagingan dan ikan. Masyarakat Tsimane juga sangat jarang yang merokok.

Melihat gaya hidup masyarakat Tsimane yang sangat sehat dan membuat mereka tidak beresiko tinggi terkena penyakit jantung, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk mengikuti gaya hidup tersebut andai kita ingin mencegah penyakit jantung dengan lebih baik.