Masturbasi Bisa Bikin Pria Botak?

Penyakit Varikokel adalah Momok untuk Pria

DokterSehat.Com– Cukup banyak pria yang mengaku kecanduan melakukan masturbasi. Tak hanya membuat mereka bisa merasakan kenikmatan seksual tanpa perlu merepotkan orang lain, masturbasi juga bisa memberikan kepuasan tersendiri tanpa adanya resiko terkena penyakit menular seksual. Sayangnya, kecanduan masturbasi telah sering dianggap bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan. Salah satunya adalah menyebabkan pria menjadi lebih rentan terkena kebotakan. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan yang berasal dari laman kesehatan Boldsky menyebutkan bahwa kecanduan masturbasi ternyata memang bisa membuat seseorang mengalami kebotakan. Bagaimana tidak, dengan melakukannya secara berlebihan seperti setiap hari misalnya, maka tubuh akan kehilangan banyak sekali nutrisi penting layaknya vitamin dan protein. Akibat dari kurangnya kandungan nutrisi ini, maka folikel pada rambut bisa mengalami penurunan kondisi kesehatan dan akhirnya terus melemah dan memicu kerontokan.

Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa kebiasaan melakukan masturbasi dengan berlebihan bisa membuat hormon testosterone mengalami perubahan menjadi DHT. Zat inilah yang ternyata bisa memicu kerontokan rambut, kulit kepala yang memproduksi berminyak dengan berlebihan, dan munculnya jerawat. Karena alasan ini pulalah ada mitos yang menyebutkan bahwa terlalu banyak jerawat bisa jadi adalah tanda bahwa pria terlalu sering melakukan masturbasi.

Pakar kesehatan pun menyarankan pria untuk menghentikan kebiasaan ini meskipun tidak akan merugikan orang lain karena bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan dan penampilannya.