Masturbasi Berlebihan Bisa Menyebabkan Dampak Ini Bagi Tubuh

DokterSehat.Com– Meskipun dianggap bisa memberikan manfaat kesehatan seperti mencegah kanker prostat, dalam realitanya masturbasi juga bisa menyebabkan kecanduan dan dampak buruk bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan dengan berlebihan. Bagi kaum pria, jika anda sudah mengalami gejala berikut ini, maka hal ini menandakan bahwa anda sudah berlebihan dalam melakukan masturbasi.

doktersehat-kesehatan-penis-obat-oles-Priapismus

Tubuh lemah dan kurang bersemangat di usia muda
Tahukah anda jika untuk mendapatkan kepuasan seksual tatkala bermasturbasi, tubuh ternyata membutuhkan energi yang sangat besar? Memproduksi hormon dopamin, hormon yang bisa membuat sensasi puas saat mengalami ejakulasi, ternyata bisa menghabiskan energi. Jika kita berlebihan dalam bermasturbasi, maka energi pada tubuh habis sehingga kita pun akan lemah, kurang bersemangat, dan kurang produktif.

Menurunnya gairah untuk berhubungan intim dengan pasangan
Masturbasi kerap kali dilakukan bersama dengan melihat film porno atau memakai alat bantu seks. Tak disangka, hal ini bisa mempengaruhi kepuasan kita saat berhubungan intim dengan pasangan dan akhirnya membuat kita tidak lagi tertarik untuk bercinta. Hal ini tentu bisa berbahaya bagi keharmonisan pasangan.

Menurunnya rasa percaya diri
Semakin sering melakukan masturbasi, maka semakin menurun pula rasa percaya diri seseorang. Hal ini disebabkan oleh kemampuan masturbasi dalam membuat hidup seseorang menjadi kacau, termasuk dalam hal merusak kehidupan sosial dengan cara memilih untuk lebih sering berdiam diri dan bermasturbasi alih-alih bercengkerama dengan keluarga dan orang lain. Hal ini bisa membuat rasa percaya diri semakin menurun dan bahkan menyebabkan depresi.

Terus berpikir tentang masturbasi
Jika kita sudah kecanduan, maka kita pun akan kesulitan untuk berhenti berpikir tentang masturbasi dan terus ingin melakukannya. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Ciri ciri Penyakit Kelamin

Jika anda sudah mulai mengalami gejala ini, ada baiknya segera berhenti melakukan masturbasi demi kebaikanmu sendiri.