Mastitis, Infeksi Saluran Payudara

DokterSehat.Com – Mastitis merupakan infeksi pada jaringan payudara yang menyebabkan nyeri, pembengkakan dan kemerahan pada payudara. Penyakit ini umumnya menyerang wanita yang sedang menyusui, atau disebut juga dengan mastitis laktasi. Mastitis biasanya terjadi pada tiga bulan pertama setelah melahirkan (postpartum), atau bisa juga terjadi selama menyusui. Meskipun demikian, seorang ibu masih bisa terus menyusui bayinya saat mastitis. Selain pada wanita menyusui, terkadang mastitis juga menyerang perempuan yang sedang tidak menyusui.



Gejala

Jika sudah terinfeksi, payudara akan bengkak dan terasa nyeri, terasa keras saat diraba dan tampak memerah. Permukaan kulit dari payudara yang terkena infeksi juga tampak seperti pecah-pecah. Badan demam seperti terserang flu.

Namun bila karena sumbatan tanpa infeksi, biasanya badan tidak terasa nyeri dan tidak demam. Pada payudara juga tidak teraba bagian yang keras dan nyeri, serta merah.

Pencegahan

Mastitis bisa dihindari jika ibu yang baru melahirkan cukup istirahat dan bisa secara teratur menyusui bayinya agar payudara tidak menjadi bengkak. Gunakan BH yang sesuai dengan ukuran payudara. Serta usahakan untuk selalu menjaga kebersihan payudara dengan cara membersihkan dengan kapas dan air hangat sebelum dan sesudah menyusui.

Pengobatan

  • Minum Natibiotik (pilih anti biotik yang aman untuk ibu menyusui)
  • Bila badan panas minum obat penurun panas
  • Kompres payudara yang terasa nyeri dengan air dingin untuk mengurangi nyeri atau minum obat penahan rasa sakit bila tak tahan nyeri
  • Istirahat yang cukup agar kondidi tubuh ibu kembali sehat dan bugar
  • Makan makanan yang bergizi tinggi
  • Minum banyak air putih untuk menurunkan demam