Tips Beragam Masker Buah untuk Kulit Cantik dan Sehat

masker-buah-untuk-kulit-sehat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/ Trang Doan

DokterSehat.Com– Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan semua yang dibutuhkan tubuh serta kulit agar bersih, sehat, dan bercahaya. Facial buah akan menutrisi kulit Anda dengan segala manfaat alami yang baik serta membantu Anda terhindar dari facial dari bahan berbahaya atau bahan kimia.

Facial buah juga mengeluarkan aroma yang segar dan menenangkan. Hal ini akan membantu membuat kulit Anda rileks dan meredakan sel. Berikut ini beberapa masker buah sederhana dan mudah dibuat yang bisa Anda coba di rumah.

1. Pepaya – Madu

Pepaya adalah buah yang tersedia sepanjang tahun dan memiliki banyak manfaat untuk kulit. Pepaya juga kaya akan vitamin A dan enzim yang disebut papain. Kedua bahan ini memiliki sifat eksfoliasi yang akan membersihkan sel-sel kulit mati.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menghancurkan pepaya hingga halus, kemudian tambahkan madu. Oleskan secara merata pada wajah yang bersih dan kering. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air dan tepuk-tepuk dengan handuk untuk mengeringkannya.

2. Kiwi – Avokad

Kiwi dan avokad kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Avokad juga mengandung alpha dan beta-caroten yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat pengaruh buruk lingkungan. Kombinasi keduanya merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampur avokad dan kiwi serta menghaluskannya secara bersamaan sehingga menjadi pasta yang lembut dan halus. Tambahkan madu, lalu aduk hingga merata. Oleskan secara merata pada wajah dan leher, diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dan mengeringkannya dengan handuk. Masker ini akan membuat kulit Anda langsung terlihat cerah.

3. Mentimun – Susu

Masker campuran mentimun dan susu dan melembutkan dan menguatkan jaringan ikan pada kulit. Selain itu, campuran ini dapat meredakan kulit dari iritan yang dapat merusak kulit, atau meredakan inflamasi. Campuran ini juga bekerja dengan baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari.

Untuk membuat masker ini, kupas 1/2 mentimun dan blender hingga halus. Tambahkan susu, madu dan gula merah, lalu aduk hingga merata. Oleskan campuran ini pada wajah, diamkan selama 20 menit sebelum membilas wajah dengan air, tepuk-tepuk hingga kering.