Masker Basah Lebih Baik Untuk Menangkal Polusi Saat Berkendara

DokterSehat.Com– Bagi mereka yang terbiasa melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan umum atau sepeda motor menuju tempat kerja, maka masker menjadi salah satu peralatan yang wajib untuk dibawa. Dengan adanya masker, kita bisa menangkal paparan polusi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun, ada sebuah anggapan yang menyebutkan bahwa masker yang kita pakai sebaiknya dibasahi dengan air terlebih dahulu agar lebih efektif dalam menyaring debu dan polusi. Apakah teknik ini memang efektif menangkal polusi?



Pakar kesehatan spesialis paru dr. Agus Dwi Susanto dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan bahwa membasahi masker dengan air ternyata belum tentu mampu menyaring debu dan polusi saat berada di jalanan. Hingga saat ini, belum ada satupun penelitian ilmiah yang berhasil membuktikan keefektifitasannya.

Dr. Agus menyebutkan bahwa penggunaan masker yang dibasahi sebagai penutup hidung dan mulut justru dikhawatirkan bisa menjadi tempat dimana bakteri atau mikroorganisme lainnya berkembang biak dengan pesat mengingat kondisi masker yang menjadi lebih lembab, kondisi yang sangat ideal bagi bakteri dan mikroorganisme lainnya tumbuh dan berkembang biak. Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan bakteri bisa memasuki saluran pernafasan dan memicu masalah kesehatan seperti infeksi saluran nafas atau infeksi paru.

Yang menjadi masalah adalah, infeksi pada saluran pernafasan ini bisa saja berkembang menjadi bronchitis atau tuberculosis yang sangat berbahaya. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak membasahi masker dengan air saat akan berkendara atau berada di jalan raya.