Masih Terbiasa Malas Sarapan? Siap-Siap Saja Terkena Dampak Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Tak hanya karena diburu waktu, banyak orang yang ternyata tidak sarapan karena memang sudah terbiasa melakukannya sehingga merasa perutnya kurang nyaman jika diisi dengan makanan di pagi hari. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan bahwa sarapan di pagi hari sangatlah penting bagi kondisi kesehatan tubuh dan berat badan. Jika kita terbiasa tidak melakukannya, maka kita akan meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan berikut ini.

doktersehat-sarapan-sehat-pagi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Tel Aviv University dan Hebrew University yang ada di Israel, disebutkan bahwa kebiasaan melewatkan sarapan dan makan dengan tidak teratur akan meningkatkan resiko terkena obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular. Dalam penelitian ini, ditemukan fakta bahwa sarapan mampu membuat tubuh mengendalikan kadar glukosa dan insulin setelah makan dengan lebih baik.

Dari 18 relawan dengan kondisi sehat dan 18 relawan penderita diabetes yang dilibatkan dalam penelitian ini, ditemukan fakta bahwa kebiasaan makan pagi dan makan siang bisa mempengaruhi fungsi tubuh mereka dengan signifikan. Dari kedua kelompok relawan, diketahui bahwa kebiasaan sarapan akan memperbaiki beberapa gen tertentu yang berkaitan dengan program penurunan berat badan sehingga kinerjanya juga akan menjadi lebih efisien. Sementara itu, kebiasaan makan siang dengan teratur bisa mempengaruhi peningkatan kadar glukosa dan insulin.

Saat para relawan melewatkan sarapan, terjadi perubahan pada gen yang terkait dengan penurunan berat badan dan akhirnya memicu lonjakan gula darah sekaligus memperburuk respons insulin. Hal ini akan bisa meningkatkan resiko kenaikan berat badan dan resiko diabetes.

Daniela Jakubowicz dari Tel Aviv University menyarankan setiap orang untuk mengkonsumsi sarapan pagi sebelum jan 09.30 agar tubuh bisa mengalami peningkatan metabolisme, mendukung berat badan tetap ideal, dan mencegah diabetes dan berbagai penyakit lainnya.