Masih Sulit Hamil? Bisa Jadi Hal Ini Disebabkan Oleh Masalah Psikologis

Bagi setiap pasangan yang sudah menikah, mendapatkan keturunan adalah hal yang sangat diharapkan segera tiba demi melengkapi mahligai pernikahan yang indah. Sayangnya, kadangkala kehamilan menjadi hal yang tidak kunjung datang. Seringkali jika hal ini terjadi, pasangan ini lebih mencurigai adanya masalah pada organ vital pria atau organ vital wanita. Padahal, lamanya pasangan tidak mendapatkan kehamilan juga bisa disebakan oleh faktor psikologis, khususnya yang terjadi pada sang wanita.

doktersehat-wanita-sakit-perut-menstruasi-datang-bulan

Pakar kesehatan menyebutkan jika wanita yang cenderung mudah mengalami kegalauan atau memiliki tingkat stress yang tinggi cenderung lebih sulituntuk mendapatkan keturunan. Hal ini dikarenakan tingkat stress yang tinggi ini ikut bepengaruh pada kestabilan suasana hati dan kondisi kesehatan fisik secara keseluruhan. Jika kesehatan psikologis menurun dengan drastis, maka akan terjadi perubahan pada saraf-saraf tubuh yang akan bekerja dengan tidak maksimal, perubahan hormon yang membuat tubuh wanita menjadi lebih ringkih, dan pada akhirnya berpengaruh besar pada mempengaruhi kesehatan reproduksi kaum wanita.

Yang menjadi masalah adalah, banyak pasangan suami istri yang cenderung mudah mengalami pertengkaran, adanya masalah ekonomi, hingga adanya kecemasan berlebihan yang dirasakan oleh pasangan wanita. Jika sang wanita tidak mampu menjaga tingkat stressnya secara normal dan dukungan dari sang suami juga cenderung minim, maka pasangan pun akan semakin sulit untuk mendapatkan keturunan.

Agar bisa segera mendapatkan kehamilan, ada baiknya sang wanita memulai diri sendiri untuk berpikir positif dan berusaha agar menjadi pribadi yang jauh lebih tenang, bahagia dan nyaman. Selain itu, cobalah untuk menghindari kegalauan atau stress berlebihan dengan cara kerap berkomunikasi dengan sang suami atau sekadar kerap memberikan waktu luang untuk diri sendiri atau bahkan mengunjungi beberapa tempat wisata.