Masih Suka Nonton TV Sambil Tiduran? Waspadai Dampak Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang sengaja meletakkan TV di depan kasur agar mereka bisa menonton acara televisi sambil tiduran. Meskipun terlihat santai dan menyenangkan untuk dilakukan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Apa sajakah dampak buruk tersebut?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan menonton TV atau bermain gadget sambil tiduran akan membuat otot menjadi lebih kaku dan tegang. Jika hal ini dilakukan dengan rutin atau dalam waktu yang cukup lama, maka kita pun akan lebih beresiko terkena nyeri kronik. Padahal, kedua aktifitas ini bisa membuat kita kecanduan dan tanpa terasa kita pun akan mengalami tegang pada otot leher. Jika hal ini terjadi, struktur tulang bisa saja mengalami perubahan atau membuat otot leher menjadi kaku dan lurus.

Dr. Sri Wahyuni yang berasal dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang menyebutkan bahwa tulang leher yang berada dalam posisi menunduk atau fokus pada sesuatu hal dalam waktu yang lama bisa memicu inflamasi atau perubahan pasa sendi facet. Hal ini bisa menyebabkan efek jangka panjang berupa nyeri kronik. Jika biasanya masalah kesehatan ini dialami oleh orang tua, kebiasaan kita dalam menonton televisi atau memainkan gadget sembari tiduran ini memang bisa memicu lordosis, kondisi dimana lumbal spinalis atau tulang belakang yang ada di atas pantat terlalu melengkung ke dalam dan menyebabkan masalah nyeri di usia muda.

Mengingat dampak buruk dari kebiasaan ini cukup mengerikan, ada baiknya memang kita selalu memastikan tubuh dalam postur yang baik saat menonton televisi atau bermain gadget. Tak hanya itu, jangan melakukannya dengan berlebihan demi kesehatan tubuh.