Masih Suka Minum Es Teh Manis? Waspadai Efek Buruknya Bagi Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Es teh manis masih menjadi salah satu minuman yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya diminum setelah makan, es teh manis juga nikmat untuk dikonsumsi di saat cuaca sedang cukup panas. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa terlalu sering mengkonsumsi es teh manis bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti sebagai berikut.



Batu ginjal
Mengkonsumsi es teh manis dengan berlebihan ternyata bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar asam oksalat pada minuman ini. Yang menjadi masalah adalah, asam oksalat bisa menyerap kalsium dan membentuk senyawa tidak larut seperti kristal yang sulit untuk diproses oleh tubuh dan masuk di dalam organ ginjal.

Kegemukan
Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa es teh manis memiliki kandungan gula yang tinggi. Hal ini berarti, jika kita mengkonsumsinya dengan berlebihan, maka resiko untuk terkena kegemukan dan perut buncit juga meningkat. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi gula juga bisa meningkatkan resiko diabetes.

Tekanan darah tinggi
Selain kopi, teh juga kaya akan kandungan kafein sehingga jika es teh manis dikonsumsi dengan berlebihan, dikhawatirkan tubuh akan mengkonsumsi kafein dengan berlebihan sehingga akhirnya memicu kenaikan tekanan darah dan meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular.

Mengganggu keseimbangan cairan tubuh
Jika kita terbiasa mengkonsumsi es teh manis setelah makan, hal ini akan membuat kita lebih mudah terkena dehidrasi. Meskipun menyegarkan, hal ini akan mengganggu penyerapan cairan yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh akan kehilangan keseimbangan cairan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita membatasi asupan es teh manis sehari-hari dan tidak lagi mengkonsumsinya setelah makan.