Masih Suka Minum Es Teh Manis? Waspada Munculnya Masalah Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Es teh manis masih menjadi minuman favorit sejuta umat di Indonesia. Entah saat makan di warung atau saat mencari minuman yang menyegarkan di saat suhu udara cukup panas, es teh manis akan menjadi minuman pertama yang akan dipesan. Sayangnya, dibalik rasa yang enak dari es teh manis ini, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada bahaya yang mengintai jika kita kerap mengkonsumsinya.

Batu ginjal
Es teh manis kaya akan kandungan asam oksalat yang jika dikonsumsi dengan berlebihan, maka bisa memicu masalah batu ginjal. Senyawa yang berbentuk kristal tajam ini ternyata sangat sulit untuk diserap oleh tubuh dan akhirnya mengendap pada ginjal dan memicu masalah kesehatan ini.

Perut buncit
Kerap mengkonsumsi es teh manis yang kaya akan kandungan gula atau pemanis buatan membuat kita lebih rentan terkena masalah perut buncit atau obesitas. Hal ini disebabkan oleh konsumsi gula dengan berlebihan yang akhirnya diubah oleh tubuh menjadi tumpukan lemak, khususnya pada perut.

Memicu masalah tekanan darah
Layaknya kopi, teh juga kaya akan kandungan kafein yang bisa memicu peningkatan tekanan darah jika terlalu sering dikonsumsi. Yang menjadi masalah adalah, tekanan darah tinggi bisa saja berlanjut menjadi masalah kardiovaskular yang lebih serius layaknya penyakit jantung atau stroke.

Diabetes
Tingginya kadar gula dalam es teh manis, khususnya yang didapatkan dari penjual minuman pinggir jalan atau warung makan bisa membuat kita meningkatkan resiko terkena diabetes, apalagi jika gula yang dipakai adalah pemanis buatan.

Dehidrasi
Meskipun bisa memberikan sensasi segar saat diminum, es teh manis jika dioknsumsi dengan berlebihan bisa membuat kita mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kafein yang bisa membuat tubuh cenderung lebih sering buang air kecil dan akhirnya kehilangan banyak cairan tubuh.

Melihat adanya fakta ini, jangan sering-sering mengkonsumsi es teh manis demi kesehatan tubuh ya. Minumlah air putih yang jauh lebih sehat bagi tubuh kita.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik