Masih Suka Mengkonsumsi Alkohol? Awas, Ada Resiko Ini Pada Mata

DokterSehat.Com – Minuman beralkohol masih menjadi salah satu minuman yang disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia. Banyak orang yang mengkonsumsinya sebagai teman ngobrol bersama-sama dengan kawannya atau bahkan sebagai cara untuk menghilangkan stres dan tekanan hidup. Meskipun sudah dianggap sebagai minuman yang tidak sehat untuk kesehatan dan bisa memicu berbagai macam penyakit, dalam realitanya masih banyak orang yang mengkonsumsinya. Padahal, andai kita masih suka meminumnya, kita memiliki resiko besar terkena masalah kesehatan layaknya buta warna yang tentu akan menurunkan kenikmatan kita dalam melihat warna-warni dunia. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

Buta warna bukanlah berarti kita akan melihat dengan pandangan hitam dan putih saja. Penderita buta warna biasanya akan mengalami gangguan pada reseptor pigmen warna sehingga akan mengalami kesulitan dalam membedakan beberapa jenis warna tertentu. Meskipun terlihat tidak berbahaya, banyak kaum muda yang terkena masalah buta warna ini kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan tertentu.

American Academy of Ophthalmology menyebutkan jika masalah buta warna ini kerap kali terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Namun, belakangan ini, banyak penelitian yang menyebutkan jika gaya hidup yang tidak sehat, khususnya dalam mengkonsumsi pola makan yang buruk semenjak usia muda bisa memicu kondisi ini. Sebagai contoh, andai kita menerapkan gaya hidup yang buruk, maka kita akan beresiko mengalami penyakit diabetes, leukemia, hingga gangguan glaukoma. Masalah-masalah kesehatan tersebut ternyata bisa berimbas pada masalah buta warna di kemudian hari.

Selain karena disebabkan oleh penyakit-penyakit tersebut, andai kita adalah orang yang sangat menyukai minuman beralkohol, maka kandungan alkohol yang sangat tidak sehat ini bisa lambat laun akan merusak kesehatan organ penglihatan, yakni mata dan pada akhirnya memicu masalah buta warna. Dengan adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi minuman beralkohol demi kesehatan mata kita.