Masih Suka Menelepon Lama-Lama? Waspada Resiko Tumor Otak

DokterSehat.Com– Banyak anak muda yang sengaja menelepon lama-lama bersama dengan pacar atau teman-temannya karena memang memiliki banyak cerita yang asik untuk diceritakan. Meskipun terlihat wajar untuk dilakukan. Hal ini ternyata bisa meningkatkan resiko salah satu penyakit paling mematikan di dunia, yakni tumor otak. Bagaimana bisa?

doktersehat-telinga-handphone-panas

Pakar kesehatan spesialis bedah sarah bernama dr. Agus Anab, SpBS yang berasal dari Comprehensive Brain and Spine Center (CBSC) Indonesia menyebutkan bahwa dengan menelepon dalam waktu yang lama, maka sel otak akan terpapar radiasi ponsel dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini ternyata mampu mengubah sel otak menjadi sel yang tidak normal. Alhasil, sel selaput pada otak menjadi semakin tertekan dan memicu tumbuhnya tumor.

Tak hanya menyebabkan tumor otak, radiasi ponsel sebenarnya juga bisa mengganggu saraf telinga jika kita menelepon dalam waktu yang lama yang sayangnya bisa menyebabkan gangguan pendengaran atau terus merembet ke otak. Mengingat reputasi dari penyakit ini yang sangat mematikan dan sulit untuk diobati, ada baiknya memang kita mulai menurunkan kebiasaan buruk ini.

Lantas, apakah ada tips yang bisa menurunkan resiko terkena tumor otak andai kita memang cenderung masih kerap menggunakan ponsel dalam waktu yang lama? Dr. Agus menyarankan kita untuk menggunakan loudspeaker ponsel yang bisa membuat kita tidak perlu menempelkan ponsel pada telinga saat menelepon. Selain itu, kita juga bisa menggunakan earphone meskipun ada baiknya kita juga tidak menggunakan peralatan ini terlalu lama karena kurang baik untuk pendengaran. Terakhir, pastikan untuk tidak lagi tidur dengan ponsel berada di dekat dengan kepala atau badan kita dan jika bisa, sebaiknya matikan saja ponsel saat tidur malam.