Masih Suka Meletakkan Ponsel di Bawah Bantal Saat Tidur? Ini Bahayanya

DokterSehat.Com – Ponsel pintar atau yang kerap kita sebut sebagai smartphone seakan-akan telah menjadi benda yang tidak bisa dipisahkan oleh manusia. Banyak dari kita yang bahkan masih mencari informasi terbaru di sosial media sebelum kita tidur sehingga saat kita sudah mengantuk dan ingin segera memejamkan mata, kita tinggal meletakkan ponsel tersebut di bawah bantal. Meskipun terlihat sebagai hal yang biasa saja, dalam realitanya, menyimpan ponsel di bawah bantal ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Seperti apakah dampak kesehatan tersebut?

doktersehat-parkinson-otak-brain-penyakit-meningitis

Pakar kesehatan menyebutkan jika ponsel adalah salah satu benda yang memiliki radiasi yang sangat kuat. Memang, radiasi ini tidak akan membuat masalah kesehatan pada tubuh kita dalam waktu yang cepat. Namun, andai kita kerap menempatkan ponsel ini dekat-dekat dengan tubuh kita dalam waktu yang lama, maka dalam beberapa tahun kemudian kita akan memiliki resiko besar mengalami pertumbuhan tumor atau kanker yang sangat berbahaya.

Kita tentu pernah mendengar bahaya ponsel andai disimpan di saku celana yang bisa mempengaruhi kesehatan kesuburan pria, bukan? Hal yang buruk juga bisa terjadi andai kita kerap tidur dengan menempatkan ponsel di bawah bantal kita mengingat radiasi pada ponsel yang kuat akan terus memapar kepala kita. Tak hanya bisa membuat kita tidur menjadi tidak nyaman, resiko terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker otak juga akan meningkat tajam.

Andaipun kita sudah sangat mengantuk, tetaplah gerakkan badan untuk menempatkan ponsel cukup jauh dari tempat tidur kita. Pakar kesehatan sangat tidak menyarankan kita untuk menempatkan ponsel di kasur yang kita tempati untuk tidur. Berikanlah jarak setidaknya satu atau dua meter dari kasur tidur agar radiasi ponsel tidak begitu kuat bagi tubuh kita atau kita bisa mematikannya saja saat tidur sehingga kita bisa tidur dengan lebih tenang karena tidak ada lagi radiasi ponsel yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan.