Masih Suka Makan Sambil Tiduran? Ini Efek Buruknya

DokterSehat.Com – Setelah melakukan berbagai kesibukan di siang hari, kita tentu akan sangat menikmati waktu untuk bersantai di dalam rumah. Banyak dari kita yang suka bersantai dengan cara tiduran di sofa sambil menonton televisi. Sayangnya, waktu bersantai ini juga kerap kita selingi dengan berbagai camilan. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika kita tidak boleh mengkonsumsi makanan sambil tiduran. Apa sajakah dampak buruk dari kebiasaan mengkonsumsi makanan sambil tiduran?

doktersehat-makan-tersedak-tenggorokan

Pakar kesehatan dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB, menyebutkan jika mengkonsumsi camilan sambil tiduran ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Beliau menyebutkan jika diantara kerongkongan dan lambung ternyata ada sebuah klep yang fungsinya sangat dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Jika kita makan dengan posisi tiduran, klep ini akan terganggu fungsinya sehingga kita pun beresiko tinggi terkena masalah refluks asam lambung. Yang menjadi masalah adalah, refluks asam lambung ini bisa memicu luka pada kerongkongan dan bahkan bisa berbahaya bagi saluran pernafasan.

Tak hanya refluks asam lambung, kebiasaan makan sambil tiduran juga bisa memicu masalah tersedak. Dalam banyak kasus, kebiasaan ini bahkan bisa membuat seseorang meninggal, khususnya jika makanan menyumbat saluran pernafasan sehingga penderitanya pun tak lagi bisa bernafas dan kehabisan oksigen.

Pakar kesehatan spesialis THT dari RS Puri Indah Jakarta bernama dr. Agus Subagio, SpTHT juga mengutarakan hal yang sama. Menurut beliau, ada baiknya kita tidak makan sambil tiduran karena resiko terkena tersedak jauh lebih besar. Sebagai informasi, tenggorokan kita memiliki dua buah saluran, dimana salah satu saluran ditujukan untuk saluran pernafasan dan saluran lainnya ditujukan untuk saluran penceernaan. Kedua saluran ini dipisahkan oleh katup yang bernama epiglotis. Saat kita makan sambil tiduran, besar kemungkinan makanan justru keliru masuk ke dalam saluran pernafasan dan kita pun akan tersedak.

Baca Juga:  Tersedak Telur, Remaja Obesitas Ini Akhirnya Meninggal Dunia

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak makan sambil tiduran dan berada dalam posisi duduk saja.