Masih Suka Makan Sambil Mainan Ponsel? Waspadai Dampak Ini

DokterSehat.Com– Di era modern seperti sekarang ini, ponsel memang masih menjadi hal yang sulit untuk dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, kita kerap kali makan sambil bermain media sosial di ponsel kita. Meskipun terlihat sebagai hal yang sepele, hal ini ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita.

doktersehat-anak-main-handphone-gadget

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Trends in Food Science and Technology, disebutkan bahwa kebiasaan makan sambil bermain ponsel akan membuat kita lebih beresiko terkena masalah kenaikan berat badan. Tanpa diduga, kebiasaan ini ternyata akan membuat kita tidak bisa berkonsentrasi saat makan dan akhirnya makan dengan porsi jauh lebih besar dari seharusnya.

Dengan bermain ponsel saat makan, maka sinyal yang berasal dari perut menuju otak akan terganggu. Hal ini membuat otak tidak benar-benar mendapatkan pesan bahwa perut sudah kenyang dan kita pun akan terus mengunyah makanan meskipun sebenarnya porsinya sudah sangat berlebihan.

Selain bermain ponsel, hal yang sama berlaku jika kita makan sambil menonton televisi, bermain komputer, atau membaca buku. Karena alasan inilah ada baiknya kita benar-benar menikmati makanan tanpa ada gangguan apapun sehingga bisa menjaga asupan makanan agar tidak berlebihan dan mengunyahnya dengan lebih baik.

Selain bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa bermain ponsel saat makan bisa membuat kita meningkatkan resiko tersedak atau tidak menyadari jika makanan yang kita konsumsi dihinggapi lalat. Padahal, bisa jadi lalat yang hinggap pada makanan kita sudah membawa bibit penyakit.