Masih Suka Makan Gorengan? Waspadai Dampak Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan gorengan? Gorengan yang nikmat memang bisa dijadikan camilan untuk menemani nonton TV atau bercengkerama dengan keluarga atau teman-teman, apalagi jika suhu udara sedang cukup dingin. Sayangnya, dibalik kenikmatan gorengan ini, ada dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan andai kerap mengkonsumsinya seperti sebagai berikut.



Tenggorokan gatal
Sebagaimana namanya, gorengan memang diolah dengan cara digoreng di dalam minyak yang panas dalam jumlah yang banyak. Seringkali, minyak ini juga dipakai untuk menggoreng berulang kali. Yang menjadi masalah adalah, minyak yang dipakai untuk menggoreng ini bisa menyebabkan munculnya senyawa akrolein pada gorengan yang bisa membuat tenggorokan terasa gatal.

Batuk-batuk
Selain karena adanya infeksi pada tenggorokan, batuk kerap kali muncul gara-gara kebiasaan makan gorengan. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak di dalam gorengan memang sangat tinggi dan seringkali minyak yang dipakai untuk mengolahnya juga berupa minyak bekas.

Kolesterol tinggi
Minyak yang dipakai untuk menggoreng gorengan ini bisa digunakan berulang-ulang kali sehingga mengalami peningkatan kadar lemak trans, lemak yang paling berbahaya bagi kesehatan manusia karena kemampuannya dalam meningkatkan kolesterol jahat sekaligus menurunkan kolesterol baik pada tubuh. Alhasil, kerap mengkonsumsi gorengan yang kaya akan lemak trans ini bisa memicu datangnya masalah kolesterol tinggi dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Kanker
Tak hanya berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, kerap mengkonsumsi gorengan juga bisa membuat kita terpapar acrylamide, semacam senyawa yang bersifat karsinogen atau bisa menyebabkan kanker.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sering-sering mengkonsumsi gorengan demi kesehatan tubuh.