Masih Suka Baca Sambil Tiduran? Siap-Siap Saja Terkena Masalah Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang masih dengan santai membaca sambil tiduran. Tak hanya membaca buku, kita juga terbiasa membaca artikel, berita, atau lini masa sosial media dari gadget kita dengan tiduran. Meskipun terlihat nyaman untuk dilakukan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan jika masih kerap melakukannya seperti sebagai berikut.

doktersehat-baca-novel

Mata minus
Sudah menjadi rahasia umum jika kebiasaan membaca sambil tiduran akan membuat kita beresiko besar terkena masalah mata minus atau rabun jauh. Membacalah dengan posisi yang tepat dan aman, yakni dengan posisi duduk. Selain itu, pastikan untuk membaca dengan pencahayaan yang cukup, meskipun cahaya dari gadget yang kita pakai cukup terang, pastikan untuk menyalakan lampu.

Kepala pusing atau migrain
Membaca sambil tiduran akan membuat kita lebih mudah merasa kepala pusing atau bahkan migrain. Hal ini disebabkan oleh saraf mata yang bekerja dengan lebih keras agar bisa berkoneksi dengan saraf otak. Hal inilah yang membuat kepala kita mudah pusing. Selain itu, migrain yang akan muncul juga akan membuat kita tidak nyaman and kesulitan untuk beraktifitas.

Mual-mual
Banyak yang tidak menyadari jika membaca dengan tiduran akan berimbas pada tubuh yang akan terasa mual-mual atau bahkan memicu muntah. Bahkan, asam lambung juga akan ikut naik sehingga perut dan dada akan terasa sangat tidak nyaman.

Mudah mengantuk
Membaca sambil tiduran akan membuat mata bekerja dengan lebih keras sehingga akhinya kelelahan dan kita pun akan mudah mengantuk.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi membaca dengan posisi tiduran. Membacalah dengan posisi yang ideal, yakni dengan duduk dan cahaya yang cukup.