Masih Sering Tidak Sarapan? Siap-Siap Saja Penyakit Kronis Ini Mengintai

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang memilih untuk tidak sarapan karena khawatir akan terlambat saat sampai di tempat kerja, sekolah, dan tempat beraktifitas lainnya. Bagi mereka, asalkan perut belum terasa keroncongan, maka hal ini tidak masalah bagi kesehatan. Yang tidak diduga adalah, kebiasaan tidak sarapan pagi ini ternyata sangat berbahaya dan bisa memicu datangnya beberapa jenis penyakit berbahaya.

doktersehat-sarapan-sehat-pagi

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sarapan pagi tidak hanya tentang asupan makanan yang mengenyangkan perut saja, namun juga menyediakan berbagai nutrisi dan sumber energi bagi tubuh. Tanpa adanya nutrisi yang sehat, berbagai sistem yang ada dalam tubuh pun tidak akan berjalan dengan semestinya dan akhirnya bisa memicu berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, atau penyakit yang dianggap ringan namun cukup merepotkan seperti maag dan gangguan pencernaan lainnya.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Tufts University yang ada di India, disebutkan bahwa saat kita tidak sarapan, maka tidak ada asupan karbohidrat dan nutrisi lainnya dalam tubuh yang memicu keluarnya semacam enzim yang bisa menyempitkan pembuluh darah arteri sekaligus meningkatkan kemungkinan pembentukan plak pada arteri tersebut. Meskipun efek ini berlangsung cukup lambat, jika kita terbiasa untuk tidak sarapan pagi, tentu saja resiko terkena masalah kesehatan jantung dan kardiovaskular akan meningkat.

Demi mencegah datangnya penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk tetap melakukan sarapan. Jika memang anda tidak biasa melakukannya dan merasakan perut tidak nyaman saat sarapan, anda bisa mengkonsumsi makanan kecil seperti sebutir telur, sereal, beberapa potong buah-buahan atau jus buah, dan makanan lainnya untuk sarapan pagi.