Masih Perlukah Ibu Menyusui Mengkonsumsi Tablet Zat Besi?

doktersehat-menyusui-ibu-hamil

DokterSehat.Com– Saat masa kehamilam, kita tentu tahu bahwa ibu diminta untuk mengonsumsi tablet zat besi atau yang umum dikenal tablet tambah darah. Tablet zat besi ini penting karena akan mendukung pemenuhan kebutuhan zat besi ibu yang selama masa kehamilan meningkat. Namun, apakah tablet ini masih perlu dikonsumsi ibu setelah melahirkan?

Penambahan kebutuhan zat besi ibu selama masa menyusui adalah 6-8 mg setiap harinya. Angka ini tidak sebanyak penambahan kebutuhan zat besi ibu selama kehamilan yaitu 9-13 mg.

Penambahan kebutuhan zat besi ibu selama masa menyusui dapat dipenuhi dengan mengonsumi makanan yang tinggi zat besi seperti kacang-kacangan, udang dan hati sapi. Dengan mengonsumsi bahan makanan yang kaya zat besi ibu menyusui dapat memenuhi tambahan kebutuhan hariannya.

Beberapa contoh bahan makanan dan porsi yang harus dikonsumsi ibu untuk dapat memenuhi kebutuhan zat besi tambahnnya adalah dari 100 gram tempe kacang kedelai (2-3 potong besar tempe) atau 100 gram udang (15-20 ekor udang ukuran sedang) atau hati sapi (3-5 potong sedang hati sapi dengan ukuran sedang dengan potongan mirip hati ayam).

Bahan makanan diatas memiliki kandungan zat besi yang mampu memenuhi penambahan kebutuhan zat besi harian ibu. Namun zat besi yang ada dalam bahan makanan berprotein hewani akan diserap oleh tubuh dengan lebih baik. Karena zat besi pada makanan hewani memiliki ketersediaan biologic yang lebih cocok untuk tubuh manusia.

Meskipun kebutuhan zat besi ibu selama masa kehamilan dapat dipenuhi dari pemilihan bahan makanan. Beberapa pedoman
kesehatan untuk ibu pasca melahirkan dari UNICEF dan Kementerian Kesehatan RI menganjurkan agar ibu mengonsumsi tablet zat besi pada masa awal atau selama tiga bulan setelah melahirkan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu yang dapat menganggu kondisi kesehatan dan penurunan kualitas produksi ASI. Konsumsi tablet zat besi harus diperhatikan saat masa menyusui utamanya pada ibu yang memiliki riwayat anemia selama masa kehamilan.

Kebutuhan zat besi ibu saat masa menyusui dapat dipenuhi dari bahan makanan yang kaya akan zat besi. Namun konsumsi tablet zat besi juga dapat dilakukan untuk mencegah anemia pada ibu selama masa menyusui.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik