Masih Muda Tapi Tampak Tua? Hati-hati Tanda Risiko Tinggi Jantungan

DokterSehat.Com – Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

9

Risiko penyakit jantung tidak hanya meningkat pada orang tua saja, tetapi risiko tersebut kini juga dapat ditemukan pada orang dewasa yang lebih muda. Jika Anda telah mengalami tanda-tanda penuaan di usia yang masih sangat muda, Anda perlu lebih waspada terhadap penyakit jantung.

Penelitian terbaru yang dilakukan di University of Copenhagen, Denmark menyatakan bahwa orang yang telah menunjukkan tanda-tanda penuaan dini seperti rambut beruban, kebotakan, lipatan daun telinga dan munculnya kerutan mata, memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung dibanding orang seumuran yang belum menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Tanda-tanda penuaan menunjukkan usia fisiologis atau bilogis seseorang dan bukanlah usia kronologis kehidupan, sehingga dapat menjadi indikator suatu penyakit, kata Anne Tybjaerg-Hansen, penulis studi, seperti dikutip dari medindia.

Penelitian tersebut melibatkan 11.00 orang berusia lebih dari 40 tahun dan menemukan bahwa orang yang menunjukkan 3 sampai 4 tanda-tanda penuaan dini, memiliki peningkatan risiko serangan jantung hingga 57 persen dan risiko penyakit jantung hingga 39 persen.

Hasil penelitian tersebut dipresentasikan dalam American Heart Association di Los Angeles. Kemudian peneliti mengikuti peserta selama 35 tahun masa tindak lanjut penelitian, yang menunjukkan bahwa sekitar 3.405 peserta mengembangkan penyakit jantung dan 1.708 mengalami serangan jantung.

Tanda-tanda ini independen dan tidak berkaitan dengan faktor risiko gangguan pada jantung seperti usia, jenis kelamin, obesitas, riwayat penyakit jantung keluarga, dan lain-lain.

Indikator yang paling kuat terhadap risiko penyakit jantung pada wanita adalah terbentuknya timbunan lemak di sekitar mata yang membuat kulit tampak tidak kencang, yang terkait dengan peningkatan risiko sebanyak 35 persen.

Baca Juga:  Sering Merasa Nyeri Pada Tulang Belakang

Sedangkan pada pria, kerontokan rambut yang terus menerus hingga menyebabkan kebotakan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko sebanyak 40 persen.

Risiko tertinggi mengancam orang yang berusia 70 tahun. Tetapi risiko penyakit jantung dapat mengancam orang yang lebih muda dan risikonya dapat meningkat setiap kali muncul tanda-tanda penuaan tambahan.

Anda perlu mendapatkan pemeriksaan terhadap tanda-tanda penuaan secara rutin setiap kali Anda melakukan pemeriksaan fisik ke dokter untuk mengetahui apakah Anda termasuk orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit jantung