Masih Muda Tapi Sudah Beruban? Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Masalah rambut memutih atau uban ternyata tidak lagi menyerang para manula saja. Kini, kita bisa dengan mudah menemukan pria dan wanita yang masih berusia di bawah 40 tahun yang sudah mengalami rambut beruban. Banyak diantaranya bahkan yang sudah memiliki rambut yang memutih secara keseluruhan. Jika anda adalah salah satu kaum muda yang sudah mengalami rambut beruban, anda tentu bertanya-tanya, apa yang terjadi pada rambut anda, bukan? Berikut adalah beberapa penyebab mengapa uban bisa terjadi pada mereka yang masih berusia muda.

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Penyebab utama dari rambut beruban di usia muda adalah faktor genetik. Banyak sekali studi yang menunjukkan bahwa kromosom rambut yang mudah beruban ternyata bisa diwariskan dari orang tua ke anaknya. Orang tua yang sudah mengalami rambut beruban di usia muda pun cenderung akan mewarisi masalah ini sehingga anaknya pun akan dengan mudah beruban meskipun usianya baru memasuki 20 tahun.

Penyebab lain dan paling umum dari masalah uban pada usia muda adalah stres yang berlebihan. Stress memang mudah melanda mereka yang tinggal di perkotaan dan mengadopsi gaya hidup urban yang mudah mengundang stress. Stress ternyata dapat memicu berhentinya produksi melanin yang menjadi pewarna alami rambut. Hal ini berarti rambut anda akan berubah menjadi putih karena sel melanosit yang memprosuksi melanin tidak lagi mampu memproduksi warna rambut dengan cukup. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat sering berkelakar bahwa kita tidak boleh berpikir terlalu keras agar tidak mudah beruban.

Beberapa penyakit layaknya penyakit ginjal atau kelainan hormon juga bisa memicu masalah rambut beruban di usia dini. Penyakit-penyakit ini bisa mempengaruhi produksi melanin pada tubuh. Selain itu, jika anda memakan makanan yang tidak bernutrisi baik dan gizi yang tidak baik, maka kesehatan rambut juga akan terpengaruh. Rambut yang kekurangan nutrisi tentu akan lebih mudah untuk memutih dengan cepat. Melihat berbagai penyebab rambut beruban ini, kita harus pandai-pandai mengatur pola makan, nutrisi, dan juga stress agar rambut kita tidak mudah memutih. Sayangnya, andai anda memang mewarisi gen orang tua yang mudah beruban, anda tampaknya harus membuat rambut yang putih itu menjadi sesuatu yang cocok bagi penampilan anda.