Masih Kerap Begadang? Waspadai Munculnya Kanker Hati

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyakit kanker tidak bisa lagi dianggap sebagai penyakit yang menyerang para lansia saja. Kini, semakin banyak anak muda dengan usia 20-30 tahun-an yang juga terkena kanker. Penyebabnya seringkali adalah gaya hidup yang sangat buruk.

doktersehat-hati-atresia-bilia-kelainan-penyakit- saluran-empedu-hepatitis

Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan oleh anak muda yang sayangnya bisa memicu kanker adalah begadang. Banyak anak muda yang melakukannya karena ingin bermain game, melihat acara olahraga atau drama serial favoritnya, hingga karena ingin menyelesaikan berbagai tugas. Yang menjadi masalah adalah, kerap begadang ternyata bisa menimbulkan kanker hati.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa saat begadang, tubuh akan mengalami kurang tidur dan membuat daya tahan tubuh semakin melemah. Tak hanya itu, tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membuang berbagai macam racun dan kotoran. Padahal, organ hati kitalah yang seharusnya berfungsi untuk membuang racun dan kotoran ini. Karena kinerjanya terganggu dan banyaknya racun yang menumpuk, kanker pun bisa muncul pada hati kita.

Selain kerap begadang, penyebab lain dari munculnya kanker hati adalah konsumsi alkohol. Banyak anak muda yang penasaran dari kenikmatan minuman ini. Sayangnya, konsumsi alkohol dengan berlebihan memang bisa menyebabkan gangguan bagi organ hati seperti perlemakan hati, hepatitis, kanker hati, hingga sirosis hati, kondisi dimana hati rusak dan tidak lagi mampu memproduksi sel yang baru lagi.

Stress atau depresi yang kerap dialami oleh anak muda ternyata juga bisa memicu datangnya kanker yang sangat ganas dan mematikan ini. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, disebutkan bahwa stress adalah dalang dari 70 persen penyakit yang muncul pada tubuh manusia, termasuk penyakit pada organ hati kita.

Baca Juga:  Waspada, Kandungan Dalam Sabun Ini Bisa Menyebabkan Kanker

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menjaga kesehatan dengan lebih baik dengan cara menerapkan gaya hidup sehat agar tidak mudah terkena kanker hati.