4 Jenis Masalah Kulit yang Sering Disangka Jerawat

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo-1024

DokterSehat.Com– Menjaga kesehatan serta merawat wajah adalah hal penting yang tidak boleh disepelekan sedikitpun. Sebab, wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif dan mudah terserang berbagai macam gangguan, salah satunya adalah jerawat.

Tentu saja, dengan adanya gangguan tersebut akan membuat penampilan menjadi menurun, bukan? Sebab, bagaimanapun juga, wajah adalah faktor utama dalam menentukan penampilan seseorang. Selain itu, wajah juga faktor utama yang terlihat secara langsung di depan mata.

Sebenarnya, ada beberapa masalah pada wajah yang jarang diketahui sebagian orang. Mereka menganggap semua masalah yang muncul pada wajah adalah jerawat, padahal tidak demikian. Dilansir dari laman Readers, ada beberapa masalah pada wajah yang ternyata bukan jerawat, tapi masalah lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah masalah tersebut.

1. Rosacea

Kemunculan Rosacea memang sangat mirip dengan jerawat, yakni muncul benjolan kecil-kecil dan berwarna merah. Padahal rosacea sendiri merupakan gangguan inflamasi kronis yang dipicu oleh beberapa faktor, misalnya penggunaan kosmetik, kafein, alkohol, dan makanan pedas.

2.Folliculitis

Masalah wajah yang sering muncul selanjutnya adalah folliculitis. Biasanya, masalah yang satu ini lebih cenderung berupa bisul kecil yang disertai nanah. Namun, sifatnya hanya sementara sebab masalah ini disebabkan oleh paparan sinar matahari di musim panas.

3. Keratosis Pilaris

Selanjutnya adalah keratosis pilaris, yaitu benjolan kasar yang sangat banyak dan menyebar. Biasanya, masalah ini tidak hanya muncul di wajah saja, tapi juga pada bagian lain, seperti leher, tangan, paha, dan kaki.

4. Hyperplasia Sebasia

Selanjutnya adalah hyperplasia sebasia, yaitu masalah kulit yang biasanya dikarenakan faktor genetik. Umumnya, kemunculan masalah kulit ini berupa benjolan dengan warna menyerupai daging pada pipi, dahi, dagu, dan hidung.