Masalah Tulang Belakang Bisa Disebabkan Oleh Terlalu Sering Bermain Ponsel

DokterSehat.Com – Meskipun memiliki banyak sekali fungsi positif bagi banyak orang, khususnya bagi kehidupan sosial, dalam realitanya penggunaan ponsel kini bisa memberikan dampak kurang baik bagi banyak orang. Sebagai contoh, kini banyak orang tua yang mengeluhkan anaknya mengalami kerusakan mata akibat terlalu banyak bermain ponsel. Selain itu, kini penggunaan ponsel yang berlebihan ternyata juga bisa berimbas buruk bagi tulang belakang. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-leher-sakit-Spondilitis-Ankilosa

Sebuah pakar kesehatan tulang dari New South Wales, Australia, bernama dr. James Carter, mengungkapkan jika kini ada banyak sekali anak-anak yang berada pada usia sekolah, khususnya yang berusia remaja mengalami peningkatan masalah pada tulang belakangnya, dan sebagian besar dari masalah tulang belakang ini ternyata disebabkan oleh penggunaan ponsel atau gadget, khususnya bagi mereka yang sudah mulai memainkan peralatan ini semenjak usia yang sangat dini.

Dr. Carter bahkan mengungkapkan jika kerusakan tulang belakang yang dialami mereka yang terlalu banyak bermain ponsel ini bisa berdampak pada tulang punggung maupun tulang leher. Seringkali, hal ini disebabkan oleh kecenderungan anak-anak jaman sekarang yang menggunakan ponsel hingga berjam-jam dalam sehari. Saat menggunakannya dalam posisi duduk, tanpa disadari kepala anak pun menunduk dalam waktu yang sangat lama sehingga akan sangat membebani tulang belakang, tulang leher, atau bahkan bahu.

Dalam penelitiannya, dr. Carter mengungkapkan jika kini banyak anak yang menggunakan ponsel stidaknya 1.400 jam dalam satu tahun! Angka ini setara dengan 4 jam dalam sehari. Dengan kepala yang menunduk selama menggunakan ponsel, beban normal kepala yang seharusnya hanya berkisar 5 kg bisa meningkat hingga 12,25 kg! Peningkatan tekanan yang sangat besar dalam waktu yang lama inilah yang pada akhirnya merusak tulang belakang, layaknya adanya pergeseran pada tulang punggung yang tentu membutuhkan operasi bedah untuk menyembuhkannya.

Baca Juga:  Hati-hati Potato Chips Menyebabkan Risiko Kanker

Sebelum kita mendapatkan masalah yang sama, ada baiknya kita mulai memperhatikan penggunaan ponsel kita dan anak-anak agar tidak berlebihan. Batasi waktu penggunaan ponsel jika memang tidak benar-benar dibutuhkan dan cobalah untuk sering melakukan olahraga atau peregangan yang diharapkan bisa mencegah masalah tulang belakang bisa muncul.