Masalah Seputar Ketiak

Doktersehat.com – Kurangnya perhatian terhadap bagian tubuh yang tertutup seperti ketiak terkadang dapat menimbulkan masalah. Ketiak yang menghitam atau timbulnya benjolan menjadi masalah yang sering dikeluhkan. Berikut penjelasan atas keluhan-keluhan Anda:



1. Benjolan yang muncul sewaktu-waktu di ketiak

Area ketiak terdapat banyak kelenjar minyak yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Pemicu timbulnya benjolan tersebut disebabkan adanya perubahan hormon.

Kebiasaan mencukur atau mencabut rambut ketiak serta keringat yang berlebihan juga dapat menyebabkan infeksi bakteri sehingga memicu munculnya bisul kecil yang berwarna merah.

2. Ketiak menghitam

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ketiak Anda tetap menghitam walaupun Anda rutin membersihkannya. Sebenarnya, menghitamnya ketiak dipengaruhi oleh hormon. Menghitamnya ketiak merupakan proses alami kulit yang muncul setelah dewasa.

Adapula faktor eksternal yang dapat merubah warna ketiak seperti peradangan yang ditimbulkan akibat penggunaan produk anti-perspirant yang  tidak cocok dengan kulit Anda. Sebaiknya pilihlah produk yang rendah alkohol dan cocok dengan kondisi kulit Anda.

3. Cara aman mencerahkan ketiak

Terapi mesoterapi dan akupuntur bisa Anda manfaatkan untuk menyamarkan warna hitam di ketiak. Mesoterapi dilakukan dengan injeksi kandungan vitamin C yang efektif mencerahkan kulit. Sementara itu, terapi akupuntur bekerja dengan cara menyeimbangkan hormon dan melancarkan sirkulasi darah.

Sumber: femina.co.id