Masalah Penglihatan Yang Biasa Muncul Selama Kehamilan

DokterSehat.Com – Karena adanya perubahan fisik dan hormon selama masa kehamilan, maka tentu akan sangat mungkin terjadi banyak sekali masalah kesehatan pada ibu hamil. Yang paling sering terjadi tentu saja adalah saat ibu hamil cenderung sangat mudah untuk mengalami mual-mual dan muntah-muntah yang disebut sebagai morning sickness. Namun, tahukah anda, selama masa kehamilan, ibu hamil juga ternyata rentan terkena masalah pada penglihatan? Pakar kesehatan menyebutkan ada beberapa masalah kesehatan mata yang bisa menyerang ibu hamil seperti sebagai berikut.

shutterstock_313263605 copy

Ibu hamil ternyata akan rentan mengalami pandangan kabur. Bahkan, dr. Brian Levine dari Colorado Center for Reproductive Medicine yang berada di New York, Amerika Serikat menyebutkan jika hal ini sangat biasa terjadi pada ibu hamil. Pandangan kabur ini juga disebabkan oleh perubahan hormon yang memberikan pengaruh besar pada kelengkungan lensa mata. Yang harus diwaspadai adalah jika masalah pandangan kabur ini bertahan hingga trimester ketiga kehamilan karena jika dibiarkan begitu saja maka ibu hamil bisa mengalami preeklamsia yang pada akhirnya membuat retina mengalami tekanan berat dan beresiko terkena pendarahan, abrasi, stroke, hingga akhirnya kebutaan. Setidaknya, 5 hingga 8 persen ibu hamil memiliki resiko terkena preeklamsia ini.

Ibu hamil juga beresiko besar mengalami masalah mata yang terasa kering dengan sensasi layaknya kemasukan pasir dan sangat lelah. Ibu hamil bisa saja mulai sering mengedipkan mata agar kelembaban matanya terjaga namun, jika diperlukan, Ia bisa memakai semacam obat tetes mata khusus yang bisa membuat kondisi mata lebih baik. Kadangkala, ibu hamil juga akan merasakan matanya bengkak tatkala bangun tidur. Namun, untuk hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena termasuk hal yang normal dan akan sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga:  Penuaan Dini Bisa Berawal Dari Beberapa Kebiasaan Berikut

Jika ibu hamil mengalami diabetes gestasional yang hanya terjadi saat masa kehamilan, maka Ia pun harus mewaspadai kemungkinan mendapatkan retinopati diabetik atau kerusakan pada pembuluh darah di retina mata. Untuk menghindari hal ini, konsultasi ke dokter tentu saja adalah hal yang harus dilakukan.