Masalah Pada Vagina yang Harus Segera Diperiksakan ke Dokter

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika banyak wanita yang telat memeriksakan kondisi kesehatan vaginanya ke dokter karena cenderung menyepelekan gejala-gejala layaknya keputihan, gatal-gatal, atau bahkan bau yang menyengat. Memang, gejala-gejala kesehatan tersebut terkenal normal dan bisa menyerang siapa saja. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk lebih baik mengenal masalah pada vagina dan memeriksakan kondisinya pada dokter dengan segera.

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Keputihan yang Tidak Normal
Banyak orang yang menganggap keputihan adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika keputihan mengeluarkan warna dan bau yang aneh, ada baiknya kita segera memeriksakannya karena jika tidak, dikhawatirkan akan menyebabkan infeksi, pertambahan bakteri secara berlebihan pada vagina, dan juga clyamydia. Chlamydia sendiri sangatlah berbahaya karena bisa memicu infeksi yang menyebar pada indung telur, ovarium, dan bisa memicu radang panggul atau bahkan kemandulan pada wanita.

Vagina Gatal-Gatal
Rasa gatal-gatal yang terkadang disertai dengan pembengkakan pada vagina ini bisa saja disebabkan oleh penggunaan sabun yang tidak tepat, fase menopause hingga infeksi jamur yang berbahaya. Satu hal yang pasti, masalah kesehatan ini harus diperiksakan ke dokter karena bisa saja ini adalah tanda trikomoniasis, penyakit yang bisa membuat kehamilan terganggu dan hubunga nintim menjadi sangat tidak nyaman.

Benjolan di Dalam Vagina
Pakar kesehatan menyebutkan jika benjolan di dalam vagina bisa saja menandakan kista. Memang, kista ada yang tidak terlalu berbahaya. Namun, ada kemungkinan kista ini berkembang menjadi kista Bartholin yang bisa memicu infeksi sehingga penderitanya sulit untuk duduk atau bahkan berdiri. Hal ini berarti, andai kita menemukan benjolan pada vagina, kita harus segera memeriksakannya ke dokter.

Berdarah Setelah Berhubungan
Tahukah anda jika 9 persen wanita di dunia bisa mengalami pendarahan setelah berhubungan yang disbeut sebagai pasca coital, sebuah gejala umum dari kanker serviks dan kanker vagina. Jika kita merasakan gejala ini, segeralah periksakan kondisi ini ke dokter untuk penanganan medis yang tepat.