Masalah pada Kehamilan dan Solusinya – Perubahan pada Payudara dan Kelelahan

DokterSehat.com – Anda akan tahu beberapa ketidaknyamanan yang terjadi selama kehamilan, beberapa hal hanya sementara, namun beberapa hal menjadi permanen. Sejumlah ketidaknyamanan dapat terjadi pada minggu-minggu awal, sementara yang lain muncul lebih dekat dengan waktu persalinan. Kehamilan dari setiap wanita adalah unik, sehingga Anda mungkin tidak mengalami semua perubahan yang dijelaskan dalam artikel ini. Seperti biasa, jika Anda melihat adanya perubahan yang mencuri perhatian Anda, sebutkan hal tersebut kepada penyedia layanan kesehatan. Rasa sakit yang tercantum di bawah ini dianggap bagian normal dari kehamilan.

shutterstock_313263605 copy

Masalah pada kehamilan yang sering terjadi – Perubahan pada Payudara

Kebanyakan wanita hamil akan merasakan beberapa perubahan pada payudara mereka. Payudara Anda akan bertambah besar karena kelenjar susu memperbesar dan jaringan lemak membesar, menyebabkan ketegangan dan nyeri pada payudara, biasanya pada kehamilan pertama dan pada beberapa bulan terakhir. Pembuluh darah kebiruan juga dapat muncul karena pasokan darah meningkat. Puting Anda juga dapat lebih gelap, dan kadang-kadang cairan kental yang disebut kolostrum dapat bocor dari payudara Anda. Semua perubahan ini adalah normal.

Rekomendasi:

  • Kenakan bra yang mampu menyokong payudara dengan kuat.
  • Pilih bra katun atau yang terbuat dari serat alami.
  • Beli bra yang lebih besar karena payudara Anda menjadi lebih besar dan lebih penuh. Bra harus sesuai tanpa mengganggu puting. Coba bra bersalin atau menyusui, yang menyediakan dan dapat digunakan setelah kehamilan yaitu ketika masa menyusui.
  • Coba memakai bra saat malam.
  • Menyelipkan sapu tangan kapas atau kain kasa pad ke dalam setiap cup bra untuk menyerap cairan ASI yang bocor. Anda juga dapat membeli bantalan keperawatan di toko obat atau toko bersalin / toko bayi yang cocok dimasukkan ke dalam bra Anda. Pastikan untuk mengganti pads sehingga kulit Anda tidak iritasi.
  • Cuci payudara Anda dengan air hangat dan sabun ringan sehingga payudara tidak kering.
Baca Juga:  Tips Untuk Memperbesar Dan Mengencangkan Payudara

Masalah pada kehamilan yang sering terjadi – Kelelahan

Merasa lelah? Mungkin karena bayi Anda tumbuh dan membutuhkan energi ekstra. Kadang-kadang, kelelahan juga tanda anemia (zat besi yang rendah dalam darah), yang umum terjadi selama kehamilan.

rekomendasi:

  • Beristirahatlah yang banyak; pergi tidur lebih awal dan lakukan tidur siang.
  • Buat jadwal rutin bila memungkinkan.
  • Takar kemampuan pribadi. Seimbangkan dengan istirahat.
  • olahraga ringan setiap hari untuk meningkatkan energi Anda.
  • Tanyakan dokter untuk memeriksa darah secara rutin untuk anemia.