Morning Sickness – Berbagai Dampak dan Cara Mengatasinya

DokterSehat.Com – Morning sickness merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan rasa mual yang terjadi selama masa kehamilan. Namun, istilah ini tidak sepenuhnya tepat, karena rasa mual pada saat kehamilan dapat terjadi pada kapan saja, baik pagi, siang, maupun malam hari.

morning sickness-doktersehat

Rasa mual ini biasanya terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan, sementara yang lain muncul lebih dekat dengan waktu persalinan. Mual merupakan hal yang sering kali terjadi dan sesuatu yang normal ketika hamil. Hal ini terjadi akibat adanya perubahan hormon kehamilan.

Kabar baiknya, mual biasanya menghilang dengan bulan keempat kehamilan (meskipun dalam beberapa kasus dapat bertahan selama kehamilan). Hal ini dapat terjadi setiap saat sepanjang hari tetapi mungkin lebih buruk di pagi hari, saat perut Anda kosong (yang mengapa ini disebut morning sickness) atau jika Anda tidak cukup makan.

Rekomendasi:

  • Jika mual menjadi masalah di pagi hari, makanlah makanan kering seperti sereal, roti panggang atau biskuit sebelum bangun dari tempat tidur. Cobalah makan tinggi protein seperti daging tanpa lemak atau keju sebelum Anda tidur.
  • Jika Anda lapar tapi sangat mual, cobalah makan pisang, nasi, dan teh, serta makanan yang hambar.
  • Jahe dapat mengatasi mual pada kehamilan.
  • Makan makanan kecil lebih sering akan lebih baik daripada makan makanan besar namun hanya sekali. Makan perlahan dan kunyah makanan Anda sepenuhnya.
  • Hindari minum sejumlah besar cairan pada satu waktu. Coba minum sedikit demi sedikit namun sering. Miinuman yang segar dan dingin, jus buah, seperti apel, pir, semangka, akan membantu menyegarkan.
  • Hindari makanan pedas dan berminyak.
  • Jika Anda terganggu oleh bau yang kuat, makan makanan dingin atau pada suhu kamar untuk meminimalkan atau menghindari bau yang mengganggu Anda.
  • Bicarakan dengan dokter Anda tentang konsumsi vitamin B6. perawatan alami lainnya dan resep obat antimual yang aman untuk ibu hamil.
Baca Juga:  Morning Sickness - Saki Kepala, Masalah Gusi, dan Konstipasi

Hubungi dokter Anda jika muntah terjadi terus menerus atau begitu parah sehingga Anda tidak mampu minum, lemas, atau asupan makanan yang menurun. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan harus segera diobati.

Untuk diketahui, rahim yang terisi janin akan terus membesar dan menekan kandung kemih, sehingga menyebabkan tubuh untuk sering buang air kecil selama trimester pertama. Hal ini juga akan terjadi lagi pada trimester ketiga, ketika kepala bayi turun ke panggul sebelum kelahiran.

Rekomendasi:

  • Jangan memakai pakaian dalam ketat.
  • Jika berkemih terasa terbakar, itu bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih. Hubungi dokter agar segera diobati.

Masalah Pada Kehamilan dan Solusinya – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4   5