Masalah Kutil Berkelompok atau Molluscum Contagiosum

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu memiliki resiko yang besar untuk mendapatkan penyakit kulit. Meskipun kita telah melakukan pembersihan pada badan dengan rutin, kita bisa saja terkena penyakit kulit jika kita melakukan beberapa aktivitas di luar ruangan. Sebagai contoh, kita bisa saja berenang di kolam renang umum dimana banyak orang yang telah memiliki penyakit kulit yang bisa menularkan penyakitnya. Salah satu penyakit kulit yang sangat mengganggu adalah kutil. Kutil yang mirip dengan bintil-bintil kemerahan ini bisa jadi bahkan berkelompok dan berjumlah cukup banyak sehingga akan sangat mengganggu.

doktersehat-kulit-ruam-hiv-aids-alergi-rubella-kudis-skabies

Kutil yang berkelompok ini memiliki bahasa medis berupa molluscum contagiosum. Sering kali penyakit ini terjadi pada anak-anak dan menyerang area dada atau punggung. Jika anak merasa gatal atau memencet kutil ini, akan muncul cairan putih atau kekuningan dan terkadang sudah berbentuk keras layaknya nasi. Yang menjadi masalah adalah, penyakit ini sangat mudah menular baik itu ke anak atau orang dewasa lainnya. Penularannya pun sangat mudah dimana sentuhan kulit sudah cukup untuk membuat kuman poxvirus yang menyebabkan kutil ini muncul bisa berpindah.

Kutil berkelompok ini memang tidak menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh. Hanya saja, penderitanya bisa mengalami gatal-gatal dengan hebat dan seringkali memicu iritasi karena tidak sengaja tergaruk atau tergores. Memang, molluscum contagiosum akan bisa sembuh dengan sendirinya berkat bekerjanya sistem kekebalan tubuh. Namun, setiap orang akan memiliki fase kesembuhan yang berbeda-beda dan sebelum kita merasa tidak nyaman karena adanya kutil berkelompok ini, ada baiknya kita menghindarinya dengan beberapa cara berikut.

Kebersihan adalah hal yang harus kita perhatikan agar tidak mudah terkena penyakit ini. Mencuci tangan dan kaki dengan sabun saat memasuki rumah bisa mencegah penularan penyakit ini dengan efekt f. Pakaian yang dipakai untuk beraktifitas di luar rumah juga sebaiknya segera dicuci jika dirasa sudah tidak bersih kembali. Jika kita membeli pakaian baru, ada baiknya kita langsung mencucinya sehingga tidak akan ada lagi virus atau kuman yang menempel pada baju. Selain itu, cegah orang lain memakai barang pribadi layaknya pakaian atau handuk agar kita tidak mudah tertular masalah kutil berkelompok yang sangat tidak nyaman ini.