Masalah Kulit Ini Kerap Terjadi Pada Ibu Hamil

DokterSehat.Com– Tak hanya mengalami perubahan pada bentuk atau berat badannya, ibu hamil juga akan mengalami perubahan pada kulitnya. Yang menjadi masalah adalah, perubahan pada kulit ini seringkali adalah masalah kulit yang bisa membuat penampilan ibu hamil menjadi kurang cantik. Apa sajakah masalah kulit yang bisa menyerang ibu hamil?

doktersehat-kehamilan-mengecat-rambut-berbahaya

Jerawat
Kondisi kehamilan yang membuat wanita harus menjaga kondisi kesehatannya dengan sangat hati-hati ternyata bisa membuat ibu hamil menjadi stress. Tak hanya itu, ibu juga akan lebih mudah merasa kelelahan atau mengalami mual-mual. Hal ini ternyata bisa memicu produksi kelenjar minyak pada kulit wajah dengan berlebihan dan akhirnya mempengaruhi kadar pH kulit. Alhasil, hal ini pun akan berimbas pada datangnya jerawat. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya ibu hamil menjaga asupan air minumnya agar bisa menjaga kesehatan kulit sekaligus membantu mengeluarkan kadar racun dari dalam tubuh.

Kulit kering
Saat hamil, tubuh ibu akan fokus pada pemberian nutrisi bagi perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Hal ini ternyata bisa berimbas pada masalah dehidrasi yang akhirnya menyebabkan masalah kulit kering. Tak hanya memenuhi asupan air minum, ada baiknya ibu hamil rutin membersihkan wajahnya dengan produk pembersih yang mampu mengembalikan kelembaban kulit.

Gatal-gatal
Kondisi perut yang semakin membesar akan menarik kulit pada area tersebut dan menyeabbkan gatal-gatal. Untuk mengatasinya, kita bisa mengusapkan lotion atau minyak organik pada bagian kulit yang mengalami gatal-gatal.

Kulit sensitif
Saat hamil, kulit ibu memang cenderung menjadi lebih sensitif. Bahkan, lotion kecantikan atau deodoran yang sebelumnya digunakan oleh ibu juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya ibu tidak sembarangan dalam menggunakan kosmetik atau produk perawatan kulit.

Baca Juga:  Penyebab Kerontokan Rambut Seusai Melahirkan

Hiperpigmentasi
Perubahan hormonal saat hamil membuat tubuh memproduksi melanin yang berpengaruh pada warna kulit dengan jumlah yang lebih besar. Hal ini akan membuat beberapa bagian tubuh layaknya ketiak, leher, atau perut menjadi kehitaman.