Masalah Ketiak Hitam

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentu mendambakan bentuk fisik yang sebaik mungkin sehingga mereka bisa mendapatkan percaya diri, khususnya saat berhadapan dengan orang lain untuk keperluan sosialisasi atau bahkan keperluan bisnis. Hanya saja, standar fisik yang mendekati sempurna membuat wanita tentu harus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap dalam kondisi terbaik, salah satunya adalah untuk bagian ketiak. Masyarakat tentu telah terbiasa melihat wanita yang memiliki ketiak yang cenderung putih dan bersih sehingga jika mereka menemukan ketiak yang cenderung menghitam saat memakai baju yang terbuka, maka kondisi wanita tersebut bisa jadi dianggap kurang sempurna.

doktersehat-ketiak-wanita

Masalah ketiak hitam biasanya disebabkan oleh kesalahan saat mencukur bulu ketiak. Tujuan dari mencukur bulu ketiak ini tentu saja agar ketiak menjadi bersih. Namun, mencukur dengan cara yang salah layaknya dengan mencabutinya ternyata bisa membuat kulit ketiak mengalami iritasi sehingga lambat laun pun menjadi kusam dan menghitam. Disamping itu, jika kita salah memakai deodoran, maka kulit ketiak pun bisa mengalami iritasi yang berujung menghitmnya kulit ketiak. Jika anda juga orang yang kerap memakai baju yang sangat ketat sehingga ketiak kurang mendapatkan sirkulasi udara yang baik, maka ketiak pun beresiko untuk mendapatkan warna yang kusam  dan menghitam.

Ada baiknya kita mengurangi penggunaan baju yang terlalu ketat sehingga ketiak pun mendapatkan sirkulasi udara yang lancar sehingga ketiak pun tidak akan mudah menghitam. Jika ketiak anda berkeringat, ada baiknya anda juga membersihkan ketiak dengan handuk atau lap. Ketiak yang terlalu lama dalam kondisi basah dan lembab ternyata beresiko menyebabkan ketiak menghitam. Saat mencukur rambut, ada baiknya kita juga memakai cream pencukur yang membuat kulit ketiak aman dari iritasi.

Baca Juga:  Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Untuk memastikan kulit ketiak semakin bersih dan putih, anda bisa memakai lulur atau body scrub yang kaya akan bahan alamiah layaknya bengkoang, susu, atau bahkan yoghurt. Saat mandi, anda juga bisa membersihkan kulit ketiak dari berbagai sisa bedak atau deodoran yang kotor dan bisa membuat kulit ketiak kusam. Hanya saja, ada baiknya anda memakai deodoran yang tidak memiliki kandungan antipersipant. Kandungan asam linolenat pada deodoran tentu akan jauh lebih baik dan aman bagi ketiak anda.